3 Pemancing Hilang di Pantai Mimba Bali, Keluarga Tempuh Jalur Niskala

Mereka pergi di malam tumpek landep

Karangasem, IDN Times - Tim Search and Rescue (SAR) Bali terus melakukan pencarian terhadap tiga pemancing yang hilang di pesisir Pantai Mimba, Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabuapaten Karangasem. Ketiganya belum ditemukan hingga Selasa (16/2/2021). Pihak keluarga berinisiatif menempuh jalur niskala (Gaib) untuk membantu proses pencarian.

Baca Juga: Ruang ICU COVID-19 RSUD Klungkung Tersisa Satu Tempat Tidur

1. Nomor telepon satu pemancing tidak dihubungi oleh keluarganya

3 Pemancing Hilang di Pantai Mimba Bali, Keluarga Tempuh Jalur NiskalaUnsplash/Annie Spratt

Ketiga pemancing yang dilaporkan hilang tersebut adalah

  1. I Kadek Rena (33) asal Banjar Dinas Duda, Desa Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem
  2. Wayan Abdiana (30) asal Banjar Dinas Duda, Desa Duda, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem
  3. I Gede Satya asal Banjar Dinas Kalanganyar, Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem, Kabupaten Karangasem.

Ketiganya berangkat memancing di Pantai Mimba, Sabtu (13/2/2021) malam. Hanya saja keesokan harinya sekitar pukul 07.00 Wita, Minggu (14/2/2021), pihak keluarga mencoba menghubungi satu dari mereka. Hanya saja nomor teleponnya tidak dapat dihubungi.

“Biasanya mereka sudah kembali ke rumah pukul 07.00 Wita, tapi hari itu tumben (Kebetulan) tidak pulang-pulang,” ungkap Kapolsek Kawasan Laut Padangbai, Kompol I Made Sadnyana, Selasa (16/2/2021).

Karena khawatir, pihak keluarga melakukan pencarian dengan datang langsung ke Pantai Mimba. Mereka menemukan sepeda motor yang dibawa korban masih terparkir di area hotel mangkrak, yang lokasinya dekat dengan Pantai Mimba.

Namun setelah dilakukan pencarian di lokasi biasanya ketiga orang itu memancing, tidak ada. Pihak keluarga lalu melapor ke Kepolisian Sektor (Polsek) Padangbai.

"Kemungkinan besar ketiganya memang hilang setelah terhempas ombak," jelasnya.

2. Petugas menemukan sandal dan alat pancing yang diduga milik ketiga korban

3 Pemancing Hilang di Pantai Mimba Bali, Keluarga Tempuh Jalur NiskalaTKP lokasi hilangnya tiga pemancing di Pantai Mimba, Desa Padangbai, Manggis, Kabupaten Karangasem. (Dok.IDN Times/Basarnas Bali)

Pascalaporan hilang itu, tim Badan SAR Nasional (Basarnas) langsung melakukan pencarian. Hingga hari ketiga, tepatnya Selasa (16/2/2021), ketika korban masih belum ditemukan.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Basarnas Karangasem, I Gusti Ngurah Eka Widnyana, mengaku tim Basarnas gabungan berupaya lebih keras dengan memperluas area pencarian di daerah pantai dan perairan laut.

“Hari ini kita memperluas pencarian sampai ke kawasan Pantai Bugbug dan Pantai Wates, mudah-mudahan pencarian secepatnya membuahkan hasil,” ungkap Ngurah Eka.

Petugas juga menemukan beberapa barang yang diduga milik korban. Yaitu sandal dan alat pancing di lokasi ketiganya hilang. Petugas berharap cuaca hari ini mendukung dan para korban segera ditemukan.

3. Keluarga sempat melarang Kadek Rena untuk memancing

3 Pemancing Hilang di Pantai Mimba Bali, Keluarga Tempuh Jalur NiskalaUnsplash/Çağatay Demir

Pihak keluarga sangat berharap mereka segera ditemukan. Seperti yang diungkapkan Komang Sumerta, anggota keluarga dari korban Kadek Rena. Ia mengungkapkan, Kadek Rena sebelumnya sudah diperingatkan untuk tidak memancing pada hari itu. Selain karena sudah malam, kebetulan saat itu juga hari piodalan Tumpek Landep.

"Tapi ketiganya tetap bersikeras untuk pergi memancing. Kata mereka, jika tidak ada ikan dan cuaca tidak bersahabat, pukul 01.00 Wita pagi akan kembali,” kata Sumerta.

Beberapa warga di sekitar yang melihat proses pencarian mengatakan, ini bukan kejadian pertama kali terjadi di Pantai Mimba. Ini kejadian yang ketiga kalinya. Ada korban yang pernah tenggelam di lokasi sama dalam beberapa tahun ini.

"Ada korban sebelumnya ada yang berhasil ditemukan, tapi ada juga yang tidak ditemukan sampai sekarang," ungkap seorang warga yang tinggal tidak jauh dari tempat kejadian perkara (TKP).

4. Keluarga menempuh jalur niskala

3 Pemancing Hilang di Pantai Mimba Bali, Keluarga Tempuh Jalur NiskalaFoto hanya ilustrasi. (IDN Times/Ayu Afria)

Pihak keluarga juga sudah menempuh jalur niskala untuk membantu proses pencarian tiga pemancing yang hilang itu. Mereka meminta petunjuk penekun spiritual, dan pihak keluarga diminta menghaturkan banten (Sesaji) di sekitar TKP.

"Dari petunjuk yang kami terima, ketiganya memang hilang karena tenggelam di Pantai Mimba. Tubuhnya pun masih berada di sekitar pantai ini. Kami berharap anggota keluarga kami ini bisa segera ditemukan," harap seorang keluarga korban, Sumerta.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya