Comscore Tracker

8 Jenis Pelecehan Seksual yang Umum Terjadi di Sekitarmu, Laporkan!

Masyarakat harus aktif melaporkan. Jangan diam aja

Merujuk kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), kekerasan seksual di Indonesia terhadap perempuan dan anak sangat mengkhawatirkan. Contohnya kasus yang terjadi di wilayah hukum Kepolisian Sektor (Polsek) Pupuan, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Petugas berhasil menangkap seorang pelaku percobaan pemerkosaan dan pelecehan seksual, I Putu APP (20), Senin (30/11/2020) lalu. Ia meremas payudara korbannya. Aksi itu ia lakukan kepada empat perempuan di hari yang sama dalam keadaan mabuk.

Laman Psychology Today menyebutkan ada lima bentuk moral disengagement yang dimiliki oleh pelaku pelecehan, di antaranya:

  • Moral justification: Menganggap pelecehan sebagai tindakan yang bisa diterima
  • Euphemistic labeling: Memakai istilah yang telah didistorsi untuk menyebut perilaku mereka
  • Displacement of responsibility atau pengalihan tanggung jawab: menghubungkan pelecehan dengan kekuatan di luar kendali mereka. Misalnya pelaku melecehkan dan berdalih, "Nafsu saya tidak bisa ditahan, sudah dari sananya."
  • Advantageous comparison: Pelaku menganggap bahwa perilakunya bisa lebih buruk, tetapi mereka tidak melakukannya untuk membuat korban "merasa beruntung". Contohnya "Masih mending cuma disiul-siul, belum dipegang kan?"
  • Dehumanization and attribution of blame: Ini adalah tendensi untuk menyalahkan korban. Karena korban dianggap melakukan tindakan yang memprovokasi untuk melecehkan. Misalnya, menyalahkan pakaian korban yang terbuka sebagai 'undangan' untuk pelaku melakukan pelecehan.

Pelecehannya kini bukan semata-mata tentang seks saja. Tetapi lebih dari itu. Seperti tindakan psikis atau isyarat belaka yang menyimbolkan seksualitas, yang menyebabkan ketidaknyamanan, menimbulkan rasa takut, membuat tersinggung si korban, dan menimbulkan traumatis. Berikut ini jenis-jenis pelecehan seksual yang wajib kamu ketahui:

1. Pelecehan hingga mengganggu privasi, dikategorikan sebagai pelecehan psikologis atau emosional

8 Jenis Pelecehan Seksual yang Umum Terjadi di Sekitarmu, Laporkan!unsplash.com

Perilaku pelecehan ini dilakukan oleh laki-laki kepada perempuan melalui penyerangan mental secara masif. Misalnya, laki-laki selalu memaksa untuk mengajak pergi makan malam, mengirimi surat atau chat dan menelepon terus-menerus meski sudah ada penolakan.

Ketika laki-laki mendapatkan penolakan, ia akan mengeluarkan celaan yang bersifat seksual untuk menjelekkan perempuan. Perlakuan itu biasanya merupakan luapan emosi karena keinginan dia tidak diindahkan oleh si perempuan.

2. Pemaksaan melakukan kegiatan seksual karena kekuasaan

8 Jenis Pelecehan Seksual yang Umum Terjadi di Sekitarmu, Laporkan!businessinsider.in

Misalnya antara dosen dan anak didiknya, guru kepada murid, atasan kerja kepada karyawan atau lainnya. Karena merasa memiliki kekuasaan, ia akan melakukan tipu daya atau banyak cara untuk melakukan hubungan seksual kepada bawahannya. Jika tidak menuruti keinginannya, maka bawahan harus siap menerima konsekuensinya. Berupa nilai yang, pemotongan gaji secara sepihak, pemecatan, hingga ancaman menyebarkan foto atau pembunuhan.

3. Pelecehan oral dan non oral

8 Jenis Pelecehan Seksual yang Umum Terjadi di Sekitarmu, Laporkan!forbes.com

Ini termasuk pernyataan dan perilaku seksis berupa penghinaan atau merendahkan. Seperti berkomentar yang menyiratkan pesan menghina melalui gambar maupun tulisan, dan membuat lelucon atau bahan candaan yang memberikan pandangan untuk merendahkan derajat seseorang. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa perbuatan yang dilakukan oleh pelaku masuk ke dalam kategori ini.

Pelecehan jenis ini tidak terikat antara perempuan dan lelaki saja. Tetapi bisa juga sesama jenis. Kasus pelecehan ini bisa terjadi karena tersinggung atas ucapan dari satu pihak, atau merasa harga dirinya diinjak-injak oleh pihak lawan.

4. Pelecehan dengan memanfaatkan ketidakberdayaan kamu

8 Jenis Pelecehan Seksual yang Umum Terjadi di Sekitarmu, Laporkan!unsplash.com

Bentuknya berupa pemberian pelayanan seksual yang dilakukan secara terang-terangan. Pelecehan ini terjadi karena adanya kesepakatan antara kedua belah pihak, di mana orang lain tidak boleh mengetahuinya. Pelaku bisa berani melakukan perbuatan ini karena merasa telah berjasa menolong korban, dan tahu betul kalau korban bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan seksnya.

Baca Juga: Inilah 7 Penyakit Menular Seksual yang Harus Kamu Waspadai!

5. Pelecehan dengan memberikan bahasa tubuh atau gerakan tubuh bernada seksual

8 Jenis Pelecehan Seksual yang Umum Terjadi di Sekitarmu, Laporkan!unsplash.com

Misalnya lewat kerlingan mata yang dilakukan secara berulang, memberikan simbol melalui jari, menjilat bibir, memberikan siulan. Biasanya pelecehan ini juga disebut sebagai cat calling. Umumnya, perempuan yang paling banyak mendapatkan pelecehan seperti ini ketika melintas di depan kumpulan laki-laki.

6. Doxing. Berhati-hatilah dengan foto-foto yang kamu unggah di medsos ya!

8 Jenis Pelecehan Seksual yang Umum Terjadi di Sekitarmu, Laporkan!elitedaily.com

Istilah ini memang belum lazim di telinga masyarakat. Namun jumlah korbannya banyak juga lho. Doxing adalah istilah di mana informasi pribadimu di media sosial (Medsos) diambil dan disebarluaskan tanpa sepengetahuan maupun mendapat izin dari kamu.

Data-data yang telah diperoleh pelaku akan dijadikan sebagai konten kriminal. Misalnya mengedit foto kamu lalu dijadikan sebagai video berbau pornografi. Pelaku akan mengancam menyebarkan hal itu jika hasrat seksualnya tidak dilayani.

7. Defamation, yaitu upaya untuk mencemarkan nama baik seseorang yang dilakukan secara beramai-ramai, dan bisa juga dalam konteks seksual

8 Jenis Pelecehan Seksual yang Umum Terjadi di Sekitarmu, Laporkan!unsplash.com

Perbuatan ini dilakukan dengan cara menyerang medsos orang yang dituju dengan meninggalkan komentar negatif, atau yang lebih parah adalah korbannya difitnah. Perbuatan ini bisa menyerang siapa saja.

8. Pelecehan berat berupa menyentuh bagian tubuh

8 Jenis Pelecehan Seksual yang Umum Terjadi di Sekitarmu, Laporkan!unsplash.com

Pelakunya berani menyentuh, merasakan, dan melakukan penyerangan seksual terhadap korban. Ia secara sadar dan sengaja menyentuh bagian tubuh korban. Mungkin kamu sering mendengar pelecehan seksual yang terjadi di tempat umum atau moda transportasi massal.

Semoga wawasan kamu semakin terbuka setelah membaca jenis-jenis pelecehan seksual di atas. Siapa saja bisa menjadi korban maupun pelaku. Jika kamu pernah jadi korban, sebaiknya ceritakan minimal kepada keluarga atau sahabat.

Apabila terjadi kekerasan yang dialami oleh perempuan dan anak, masyarakat diimbau untuk berani melapor. Berikut nomor telepon yang dapat dihubungi:

Komnas Perempuan

  • Telepon: (021) 3903963
  • Fax: (021) 3903922
  • Tautan: https://s.id/6Tsdx
  • Email: petugaspengaduan@komnasperempuan.go.id
  • Facebook: Facebook.com/stopktpsekarang
  • Twitter: @komnasperempuan

LBH APIK

  • WhatsApp: 0813-8882-2669 (WA only), layanan dibuka mulai pukul 09.00-21.00 WIB
  • Email: pengaduanLBHAPIK@gmail.com

Baca Juga: Duh, 7 Gangguan Seksualitas Ini Bakal Membuatmu Mengernyitkan Mata

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya