Nakes di Tabanan Jalani Vaksinasi Booster Hari Ini

Ditargetkan 3480 nakes yang menerima vaksinasi dosis ke-3

Tabanan, IDN Times - Tenaga kesehatan (Nakes) yang menangani atau merawat pasien COVID-19 menerima booster atau vaksin dosis ke-3. Termasuk di Kabupaten Tabanan. Vaksinasi dosis ke-3 serentak berikan di masing-masing fasilitas kesehatan (Faskes) yang ada di Tabanan, Selasa (3/8/2021) lalu.

Baca Juga: RSUD Tabanan Dapat Bantuan 10 Unit Oksigen Concentrator

1. Tabanan sudah menerima 240 vial vaksin Moderna

Nakes di Tabanan Jalani Vaksinasi Booster Hari IniTenaga kesehatan di Puskesmas Selemadeg Barat menjalani vaksinasi booster, Selasa (3/8/2021). (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Suratmika, mengatakan Kabupaten Tabanan menerima 240 vial vaksin Moderna untuk booster nakes. Satu vial bisa dipakai untuk 14 dosis atau 14 orang. Sehingga total vaksinasi dapat menjangkau 3.360 nakes. Sementara sasaran nakes yang mendapatkan vaksinasi booster adalah 3.480 orang.

"Kekurangannya akan dipenuhi secara bertahap. Pemberian vaksinasi untuk nakes juga diberikan secara bertahap," ujarnya, Selasa (3/8/2021).

2. Puskesmas Selemadeg Barat telah melaksanakan vaksinasi kepada 42 nakesnya

Nakes di Tabanan Jalani Vaksinasi Booster Hari IniTenaga kesehatan di Puskesmas Selemadeg Barat menjalani vaksinasi booster, Selasa (3/8/2021) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Kepala Puskesmas Selemadeg Barat, dr Wayan Arya Putra Manuaba, menambahkan pihaknya sudah melakukan vaksinasi booster untuk nakesnya secara bergilir, Selasa (3/8/2021) lalu.

"Kami melakukan vaksinasi sesudah pelayanan shift pagi. Bergilir untuk antisipasi kalau terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sehingga tidak mengganggu pelayanan," katanya.

Dari 84 nakes yang ada di Puskesmas Selemadeg Barat, tercatat 74 nakes yang memenuhi syarat untuk vaksinasi. Selasa (3/8/2021) kemarin baru 42 nakes yang sudah menerima vaksinasi booster.

"Sisanya akan kami tuntaskan Rabu (4/8/2021)," ujarnya.

3. Ada tiga nakesnya yang terpapar COVID-19

Nakes di Tabanan Jalani Vaksinasi Booster Hari IniTenaga kesehatan di Puskesmas Selemadeg Barat menjalani vaksinasi booster, Selasa (3/8/2021). (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Arya mengungkapkan, dari 84 nakes yang ada di Puskesmas Selemadeg Barat, 10 nakes di antaranya belum memenuhi syarat untuk mendapatkan vaksinasi booster. Alasannya karena ada yang menderita hipertiroid, belum tiga bulan dari vaksinasi ke-2, dan juga belum 3 bulan dari terpapar COVID-19. Ada tiga nakes yang terpapar COVID-19. Mereka, kata Arya, terpapar dari keluarganya.

"Mereka hanya menderita gejala ringan karena sudah mendapatkan vaksinasi lengkap. Menjalani isolasi mandiri dan sekarang sudah sembuh," ungkapnya.

Baca Juga: Bayar Tagihan Air Cukup dari Rumah Saja, Begini Caranya

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya