TPA Mandung Tabanan Terbakar

Petugas Damkar berhasil padamkan api, tetap pantau esok hari

Tabanan, IDN Times- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Madung, Kerambitan, Tabanan mengalami kebakaran pada Kamis (26/3). Api yang terjadi di sembilan titik ini dilaporkan ke Pemadam Kebakaran Tabanan pada pukul 18.00 Wita. Petugas pemadam kebakaran (damkar) berhasil menjinakkan api dua jam kemudian. Namun meski sudah berhasil dipadamkan, pemantauan tetap terus dilakukan pada Jumat (27/3) untuk memastikan tidak ada lagi titik api yang muncul. 

1. Satu unit mobil pemadam turun padamkan api

TPA Mandung Tabanan TerbakarIDN Times/Wira Sanjiwani

Plh (pelaksana harian) Kepala Bidang (Kabid) Damkar, I Wayan Suakta, Kamis (26/3) mengatakan pihaknya menurunkan satu unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api di TPA Mandung. "Ada sembilan titik di TPA Mandung yang terbakar. Sudah kami tangani. Jam 18.00 Wita kami meluncur ke TKP dan jam 20.00 api sudah berhasil kami atasi," ujarnya

2. Akan dipantau lagi besok

TPA Mandung Tabanan TerbakarPelaksana harian (Plh) Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar), Wayan Suakta. (IDN Times/ Wira Sanjiwani)

Suakta melanjutkan meski sudah berhasil diatasi, namun pihaknya bersama DLH (Dinas Lingkungan Hidup) Tabanan, akan tetap memantau kondisi TPA Mandung besok, Jumat (27/3) sambl melakukan tindakan penyemprotan dan pendinginan. "Pantau lagi besok. Jika titik api kembali muncul, akan ditangani dulu oleh DLH. Apabila kewalahan barulah kami akan ke sana lagi membantu," jelas Suakta. 

3. Pernah terbakar pada September 2019

TPA Mandung Tabanan Terbakarkebakaran TPA Mandung Tabanan pada September 2019 lalu. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kebakaran pada TPA Mandung bukanlah pertama kali terjadi. Kebakaran pernah berlangsung di TPA Mandung pada September 2019 lalu. Pada waktu itu memakan waktu hampir sebulan untuk memadamkan api secara total dan tidak muncul titik api kembali. 

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya