Tingkat Partisipasi Pemilu 2024 di Tabanan Capai 88,8 Persen

Angka ini melampaui target KPU Tabanan

Tabanan, IDN Times -  Partisipasi pada pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari 2024 di Tabanan mencapai 88,8 persen. Ini melampaui target Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan.

Sebelumnya, KPU Tabanan menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Pemilu 2024 adalah 85 persen. 

1. Tingkat partisipasi Pemilu 2024 lampui target

Tingkat Partisipasi Pemilu 2024 di Tabanan Capai 88,8 PersenIlustrasi KPPS di Tabanan (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Ketua KPU Tabanan, I Wayan Suwitra mengungkap, ada 330.697 pemilih yang hadir di tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh wilayahnya. Angka ini ini  baik daftar pemilih tetap (DPT), DPTB, dan DPK. 

Sementara, kata dia, total pemilih tetap wilayah itu adalah dari 373.372 orang. "Jadi, partisipasinya 88,8 persen," kata Suwitra, Kamis (7/3/2024).

2. Kaum pemilih muda mulai melek politik

Tingkat Partisipasi Pemilu 2024 di Tabanan Capai 88,8 PersenIlustrasi surat suara (istimewa)

Suwitra melanjutkan, capaian partisipasi Pemilu yang melebihi target ini dikarenakan sejumlah faktor. Salah satunya, menurut dia, kaum milenial sudah melek politik sehingga mereka ikut menyuarakan hak pilihnya secara sadar ke TPS. 

“Selain itu juga kaum milenial ini juga banyak yang jadi penyelenggara pemilih. Dengan semakin mudahnya media informasi, generasi milenial saat ini lebih melek akan politik sehingga mendorong mereka untuk memilih ke TPS," ujar Suwitra.

3. Hasil dari gencarnya sosialisasi

Tingkat Partisipasi Pemilu 2024 di Tabanan Capai 88,8 Persenilustrasi kampanye pemilu (IDN Times/Agung Sedana)

Selain  partisipasi milenial, menurut Suwitra faktor lainnya adalah adanya  sosialiasi gencar dilakukan oleh KPU Tabanan. Baik ke sekolah tempat umum hingga ke pasar tradisional. 

Di sisi lain, dia juga menilai ada peran partai politik dan calon legislatif yang aktif memotivasi para pendukung dan pemilih untuk datang ke TPS dan mencoblos pilihannya. 

"Peran media juga sangat membantu KPU Tabanan dalam bersama-sama mengajak dan menyebarluaskan informasi terkait Pemilu 2024." papar Suwitra.

Baca Juga: Harga Beras di Tabanan Stabil, Belum Ada Kenaikan Lagi

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya