Tak Ada TPS di Tabanan yang Masuk Kategori Rawan Bencana

Meski demikian, KPU tetap siapkan langkah antisipasi

Tabanan, IDN Times - Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tinggal menghitung hari. Oleh karena itu tempat pemungutan suara (TPS) harus siap dan aman agar pemilu bisa berjalan lancar.

Aman, dalam artian, tidak ada kecurangan, kerusuhan maupun tertimpa bencana alam, terlebih saat ini memasuki musim penghujan.

Berdasarkan informasi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan, TPS yang ada di Tabanan tidak ada yang masuk dalam kategori rawan bencana. Meski demikian KPU Tabanan tetap menyiapkan langkah-langkah antisipasi.

Baca Juga: Warga Buleleng Tertipu Jual Beli Mobil di Tabanan

1. Rata-rata TPS di Tabanan menggunakan bangunan sekolah atau balai banjar

Tak Ada TPS di Tabanan yang Masuk Kategori Rawan BencanaSalah satu TPS di Tabanan (Dok.IDNTimes/KPU Tabanan)

Ketua KPU Tabanan, I Wayan Suwitra mengatakan bahwa dari hasil mitigasi bencana yang dilakukan, TPS yang ada di Tabanan nihil masuk kategori rawan bencana. Menurutnya, rata-rata TPS di Tabanan menggunakan bangunan yang masih kuat dan bagus serta berada di tempat aman seperti balai banjar, sekolah hingga balai serbaguna.

Meski tak ada TPS yang masuk kategori rawan bencana, kata dia, namun KPU tetap melakukan langkah-langkah antisipasi. Misalnya, jika ada kejadian bencana yang menimpa, maka TPS akan direlokasi ke tempat yang aman.

"Pilihannya biasanya selain sekolah, banguan serba guna atau balai banjar," ujar Suwitra, Jumat (9/2/2024)

2. Surat suara didistribusikan dengan armada truk tertutup

Tak Ada TPS di Tabanan yang Masuk Kategori Rawan BencanaIlustrasi surat suara (dok. IDN Times/Istimewa)

Salah satu proses penting dalam pelaksanan pemilu adalah distribusi surat suara di masing-masing TPS. Di tengah musim penghujan seperti saat ini, tentunya langkah antisipasi untuk mencegah surat suara besar terkena air hujan perlu dilakukan. Menurut Suwitra, dalam mendistribusikan surat suara ke PPS dan kemudian  ke masing-masing TPS, digunakan armada truk tertutup.

"Selain didistribusikan dengan menggunakan armada truk tertutup, sebelum dimasukkan ke dalam kotak suara, surat suara sudah terlebih dahulu diletakkan dalam kantong plastik double. Begitu juga kotak suaranya ditutup dengan double plastik," ujar Suwitra.

3. Semua TPS Tabanan bisa diakses kendaraan roda empat

Tak Ada TPS di Tabanan yang Masuk Kategori Rawan Bencanailustrasi Pemilu (unsplash.com/@element5digital)

Menurut Suwitra sebanyak 1545 TPS yang ada di Tabanan semuanya berada di lokasi yang tercapai kendaraan roda empat. "Tidak ada TPS yang lokasinya susah dicapai. Semuanya bisa dicapai dengan kendaraan roda empat," ujarnya.

Saat distribusi nanti surat suara pada H-1 dititipkan ke PPS (Panitia Pemungutan Suara)  yang dijaga oleh PPS, kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) ditambah Bimas dan Kamtibmas di masing-masing lokasi penyimpanan PPS sebelum didistribusikan ke masing-masing TPS. 

Baca Juga: Layanan Farmasi RSUD Tabanan Lama, Ada Migrasi ke Sistem Digital

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya