Tabanan Ada Satu Pasien Lagi Positif COVID-19, Mudik Gratis Ditiadakan

Yuk, disiplin physical distancing

Tabanan, IDN Times - Dua Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang masuk Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan pada Rabu (8/4) malam, telah diketahui hasil laboratoriumnya. Satu orang dinyatakan positif, sementara satunya lagi negatif COVID-19 atau virus corona. PDP yang hasil laboratoriumnya negatif diperbolehkan pulang oleh pihak RSUD Tabanan, karena kondisinya sudah membaik dan stabil.

1. Saat ini RSUD Tabanan merawat dua pasien positif COVID-19 per tanggal 10 Maret 2020

Tabanan Ada Satu Pasien Lagi Positif COVID-19, Mudik Gratis Ditiadakanpenunggu pasien di RSUD Tabanan. (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Koordinator informasi Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian COVID-19 Tabanan, I Putu Dian Setiawan, mengatakan dengan adanya penambahan pasien positif, maka RSUD Tabanan kini merawat dua pasien positif per Jumat (10/4). Masing-masing pada hari Selasa (7/4) dan Rabu (8/4).

Sedangkan PDP yang masuk RSUD Tabanan Rabu (8/4) dan hasilnya negatif, diperbolehkan pulang setelah dua kali menjalani pemeriksaan laboratorium.

Baca Juga: Mau Konsultasi Kesehatan? Ini Daftar Nomor Telepon Dokter di Tabanan

2. Jumlah OTG dan ODP di Tabanan bertambah

Tabanan Ada Satu Pasien Lagi Positif COVID-19, Mudik Gratis DitiadakanPeta sebaran Covid-19 Kabupaten Tabanan per Jumat (10/4) (Dok.IDN Times/Istimewa)

Berdasarkan data Satgas Penanggulangan COVID-19 Tabanan per hari Jumat (10/4), terjadi penambahan jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) dan PDP. Jika dari data Kamis (9/10) jumlah OTG sebanyak 92 orang, kini menjadi 102 orang per hari Jumat (10/4). Sedangkan PDP pada Kamis (9/4) tercatat ada 12 orang, kini menjadi 15 orang pada Jumat (10/4).

3. Tidak ada mudik gratis tahun ini

Tabanan Ada Satu Pasien Lagi Positif COVID-19, Mudik Gratis DitiadakanProgram mudik gratis Pemkab Tabanan 2017 lalu (Dok.IDN Times/Humas Tabanan)

Mendagri telah menginstruksikan kepala daerah agar warganya tidak mudik atau pulang kampung untuk menekan penyebaran COVID-19. Atas dasar itu pula, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan memutuskan tidak ada program mudik gratis pada tahun 2020 ini. Hal ini ditegaskan oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti.

"Tidak ada ya (Program mudik gratis)," ujarnya kepada IDN Times via WhatsApp, Jumat (10/4).

Sekadar diketahui, mudik gratis merupakan program rutin yang diadakan Pemkab Tabanan setiap tahunnya. Biasanya dalam program ini, Pemkab Tabanan menyediakan transportasi gratis berupa bus untuk mudik bagi warga muslim Tabanan.

"Apabila kita mencintai keluarga kita dan diri kita, diharapkan untuk menjaga jarak dan isolasi mandiri agar virus tidak mudah menyebar, dan kita membantu pemerintah untuk bisa fokus kepada pengamanan masyarakat lebih banyak," tambahnya.

Baca Juga: Penjahit di Tabanan yang Dirumahkan Dilibatkan Bikin Pakaian Hazmat

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya