Siswa SMP Temukan Granat di Sungai Tabanan

Granat dimusnahkan di Pantai Yeh Gangga

Tabanan, IDNTimes - Sebuah granat ditemukan di Sungai Yeh Empas Banjar Adat Celuk Desa Denbantas Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan pada Rabu, 18 Oktober 2023 sekitar pukul 19.30 Wita. Granat tersebut ditemukan oleh siswa SMP yang sedang mandi di sungai tersebut.

Granat  ini langsung dimusnahkan sesuai SPO di pantai Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan pada Kamis (19/10/2023).

Baca Juga: Alasan Tersangka Pelecehan Ajukan Praperadilan di PN Tabanan

1. Awalnya, granat itu dikira batu biasa

Siswa SMP Temukan Granat di Sungai TabananSebuah granat ditemukan di Sungai Yeh Empas Banjar Adat Celuk Desa Denbantas Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan, Rabu (18/10/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Kapolsek Tabanan, AKP Nyoman Sumantara mengatakan bahwa granat ditemukan oleh siswa SMP yang sedang mandi di sungai Yeh Empas. Siswa SMP yang mengira benda itu batu, kemudian membawa granat ini pulang ke rumah.

"Granat ini dijadikan mainan. Bapak si anak melihatnya dan curiga karena bentuknya mirip granat," ujar Sumantara, Kamis (19/10/2023)

Kemudian pamannya atas nama Ketut Darmadi melaporkan penemuan ini kepada Kelian Dinas Tuakilang Baleran, I Gusti Ngurah Rai, yang selanjutnya menghubungi Babhinkamtibmas untuk penanganan lebih lanjut.

2. Diamankan di lahan kosong

Siswa SMP Temukan Granat di Sungai TabananPenanganan granat yang ditemukan di Sungai Yeh Empas Banjar Adat Celuk Desa Denbantas Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan, Rabu (18/10/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Sekitar pukul 19.30 Wita, Rabu (18/9/2023), Babhinkamtibmas Desa Denbantas bersama para saksi mengecek dan kemudian mengamankan granat tersebut disebuah lahan kosong dan membuat garis polisi. 

"Kami juga melaporkan penemuan ini ke Unit Jibom Satuan Brimob Datasemen Gegana  Polda Bali untuk penanganan granat sesuai standar operasional," ujar Sumantara.

Menurutnya, sekitar pukul 22.25 Wita Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes mengecek langsung ke lokasi. Personel Unit Jibom Satuan Brimob Datasemen Gegana  Polda Bali dipimpin AKP Nuryadi beserta 6 anggota kemudian mengamankan dan membawa granat tersebut ke Polsek Tabanan untuk dititip dan akan di disposal pada Kamis (19/10/2023).

3. Granat dimusnahkan di Pantai Yeh Gangga

Siswa SMP Temukan Granat di Sungai TabananProses pemusnahan granat di Pantai Yeh Gangga, Tabanan, Kamis (19/10/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Sumantara menjelaskan pihaknya belum bisa memastikan apakah granat itu masih aktif atau tidak. Tetapi dari penampakan luar, granat tersebut bagian fisik pen masih utuh, namun gelang penariknya sudah berkarat.

"Ini dimungkinkan karena sudah lama di dalam sungai," ujarnya.

Granat ini kemudian dimusnahkan di Pantai Yeh Gangga pada Kamis (19/10/2023) sekitar pukul 07.15 Wita oleh Unit Jibom Satuan Brimob Datasemen Gegana Polda Bali dengan hasil aman.

Baca Juga: Lampu Truk Jadi Sasaran Pencurian di Tabanan, Begini Caranya

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya