Sandiaga Uno Kunjungi DTW Jatiluwih Tabanan

Pantau kesiapan penerimaan delegasi WWF

Tabanan, IDN Times - Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno datang berkunjung ke daya tarik wisata (DTW) Jatiluwih pada Jumat sore (3/5/2024). Tujuan dari kedatangan ini untuk memastikan kesiapan DTW Jatiluwih menjadi salah satu side visit para Delegasi World Water Forum (WWF) ke-10.

Semetara itu event WWF akan diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 25 Mei mendatang.

Baca Juga: Pria di Tabanan Lebih Pilih Kondom Dibanding Vasektomi

1. DTW Jatiluwih dianggap siap menerima deligasi WWF

Sandiaga Uno Kunjungi DTW Jatiluwih TabananDTW Jatiluwih (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Secara umum, menurut Sandiaga Uno, DTW Jatiluwih sudah siap menerima kunjungan para delegasi WWF, baik itu dari sarana prasarana. 

"Tadi juga sudah melihat beberapa spot yang akan dikunjungi dan atraksi apa yang akan disuguhkan kepada para delegasi. Semuanya sudah siap," ujar Sandiaga Uno, Jumat (3/5/2024)

2. Sistem subak berbasis kearifan lokal

Sandiaga Uno Kunjungi DTW Jatiluwih TabananDTW Jatiluwih (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Sandiaga Uno mengatakan sistem subak yang ada di Jatiluwih merupakan salah satu sistem pengelolaan air untuk aktivitas pertanian yang berbasis kearifan lokal. DTW Jatiluwih juga sudah mendapatkan pengakuan dari dunia internasional sebagai salah satu warisan budaya dunia tak benda oleh UNESCO.

"Oleh karena itu melalui pegelaran event ini, diharapkan event ini semakin memantapkan posisi Indonesia dalam kepemimpinannya dalam forum pengelolaan air sedunia," ujarnya.

Selanjutnya misi lain yang ingin dilakukan Kementerian Pariwisata adalah ingin memperkenalkan Desa Jatiluwih sebagai salah satu nominasi Desa Wisata terbaik dunia yang diselenggarakan oleh UN Tourism pada tahun 2024. 

"Kami harapkan mudah-mudahan bisa menjadi salah satu prestasi bagi Jatiluwih. Sehingga nantinya bisa menjadi best tourism village of 2024. Dimana posisi sebelumnya ditempati oleh Desa Pengelipuran di Kabupaten Bangli," tambahnya.

3. DTW Jatiluwih menyiapkan kegiatan khas pertanian

Sandiaga Uno Kunjungi DTW Jatiluwih TabananFestival Jatiluwih. (lovebali.baliprov.go.id)

Sementara itu, Manajer Operasional DTW Jatiluwih Ketut Purna, menyatakan secara keseluruhan DTW Jatiluwih sudah siap menerima kunjungan delegasi WWF. Beberapa kegiatan yang berhubungan pertanian juga siap ditampilkan seperti lelakut (orang-orangan sawah), sunari dan pindekan (baling-baling).

“Khusus untuk lelakut kami siapkan hingga ratusan, sedangkan sunari dan pindekan mencapai puluhan,” ujar Purna.

Dengan menjadi side visit bagi delegasi WWF ini, pihaknya berharap Desa Jatiluwih bisa menjadi best tourism village of 2024 oleh UN Tourism. "Tahun ini kami mendaftar sebagai salah satu nominasi best tourism village of 2024. Semoga di tahun 2024, status sebagai desa wisata terbaik bisa kami raih," harapnya.

Baca Juga: Tiga Kader PDIP Tabanan Kembalikan Formulir Pendaftaran

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya