RSUD Tabanan dan Nyitdah Siagakan  Ambulans Saat Nyepi

Poliklinik tutup lima hari, layanan fokus di IGD

Tabanan, IDN Times - Dua rumah sakit pemerintah di Kabupaten Tabanan, yaitu Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan dan RSUD Nyitdah menyiapkan layanan ambulans saat hari Nyepi yang jatuh pada Senin (11/3/2024).

Wakil Direktur Pelayanan dan Pengendalian Mutu RSUD Tabanan dr. I Gusti Ngurah Bagus Juniada menjelaskan, penyiagaan ambulans itu merupakan upaya berjaga-jaga jika ada kasus gawat darurat saat Nyepi.

"Nanti koordinasinya dengan pecalang setempat jika memang ada warga yang membutuhkan layanan ambulans," ujarnya, Jumat (8/3/2024)

Baca Juga: Jelang Nyepi, PDAM di Tabanan Siagakan 60 Petugas

1. Selama Nyepi, pelayanan 2 RSUD fokus di IGD

RSUD Tabanan dan Nyitdah Siagakan  Ambulans Saat NyepiIGD RSUD Tabanan tetap buka saat hari raya Nyepi Senin (11/3/2024) (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Di sisi lain, pelayanan untuk poliklinik di dua RSUD ini akan tutup sejak Jumat (8/3/2024) hingga Selasa (12/5/2024). 

Bagus Juniada memaparkan saat Nyepi, layanan di RSUD Tabanan difokuskan di IGD. "Pada saat Nyepi, IGD tetap beroperasi," ujar Bagus Juniada.

2. Layanan cuci darah di hari Nyepi ditiadakan

RSUD Tabanan dan Nyitdah Siagakan  Ambulans Saat NyepiSuasana layanan di RSUD Tabanan (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Setiap harinya RSUD Tabanan melayani 80 pasien cuci darah atau hemodialisa. Dimana jadwal cuci darah berlangsung setiap hari Senin-Sabtu. "Kebetulan hari Nyepi jatuh pada hari Senin (11/3/2024). Dimana hari itu layanan cuci darah ditiadakan," ujarnya.

Lalu bagaimana pasien cuci darah yang mendapatkan jadwal di hari Nyepi tersebut? Menurut Bagus Juniada, jadwal cuci darah di hari Senin (11/3/2024) dipindahkan ke hari Minggu (10/3/2024).

"Biasanya hari Minggu itu tidak ada layanan cuci darah kecuali kondisi darurat. Namun karena Senin (11/3/2024) itu Nyepi, maka pasien yang mendapatkan jadwal di hari tersebut kami pindahkan jadwalnya ke hari Minggu (10/3/2024)," papar Bagus Juniada.

3. RSUD menyiapkan obat untuk ISPA

RSUD Tabanan dan Nyitdah Siagakan  Ambulans Saat Nyepiilustrasi gangguan pernapasan (freepik.com/krakenimages.com)

Sementara itu, Direktur RSUD Nyitdah, dr I Wayan Doddy Setiawan memaparkan penyakit yang patut diwaspadai saat hari raya Nyepi adalah infeksi  saluran pernafasan atas (ISPA). "Saat ini sedang musim ISPA. Jadi waspadai penyakit ini saat hari Nyepi," ujar Doddy.

Adapun langkah-langkah siaga agar tidak sakit selama hari Nyepi adalah minum vitamin, siapkan obat terutama untuk demam, batuk dan piliek serta istirahat yang cukup.

"JIka gejalanya tidak membaik meski sudah minum obat, tetap harus dibawa ke layanan kesehatan. Saat Nyepi, layanan kesehatan tetap buka termasuk RSUD Nyitdah. Layanan IGD nya buka saat Nyepi," papar Doddy.

Untuk menjemput pasien yang memerlukan layanan ambulans, kata Doddy, RSUD Nyitdah juga menyiapkan sebanyak dua unit saat Nyepi.

Baca Juga: Tingkat Partisipasi Pemilu 2024 di Tabanan Capai 88,8 Persen

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya