Pura Tanah Lot Tabanan Mulai Direnovasi

Tapi masih boleh dikunjungi kok, guys

Tabanan, IDN Times - Rencana pemugaran dan renovasi Pura Luhur Tanah Lot baru direalisasikan pada akhir April 2024 ini. Pengerjaan tahap awalnya dimulai dari perbaikan tembok penyengker atau tembok pembatas pura.

Meski sedang dilakukan perbaikan tembok pembatas pura, aktivitas wisata di daerah tarik wisata (DTW) Tanah Lot dipastikan tidak terganggu. Jadi wisatawan masih bisa beraktivitas seperti biasa.

1. Renovasi tahap awal diprediksi berlangsung selama enam bulan

Pura Tanah Lot Tabanan Mulai DirenovasiRenovasi Pura Luhur Tanah Lot memasuki tahap awal berupa perbaikan tembok pembatas Pura (Dok.IDN Times/Humas Tanah Lot)

Asisten Manager DTW Tanah Lot, Putu Toni Wirawan, mengatakan jika saat ini tahap awal pemugaran dan renovasi di Pura Luhur Tanah Lot sedang berlangsung. Tukangnya bekerja melakukan perbaikan tembok pembatas pura dan piyasan yang merupakan bagian penting dari struktur Pura Luhur Tanah Lot. Menurutnya, perbaikan tahap awal ini akan berlangsung sekitar enam bulan ke depan.

"Perkiraan renovasi tahap awal ini akan selesai sekitar enam bulan. Setelahnya akan dilakuakn ngulab ambe pujawali, baru dilanjutkan dengan tahap dua berupa mengganti pelinggih-pelinggihnya," jelasnya, Rabu (24/4/2024).

2. Kegiatan wisata tidak terganggu

Pura Tanah Lot Tabanan Mulai DirenovasiKegiatan wisatawan di DTW Tanah Lot (Dok.IDNTimes/Humas Tanah Lot)

Toni melanjutkan, perbaikan tembok pembatas pura ini dilakukan dari pagi sampai sore. Meski demikian, kegiatan wisata di DTW Tanah Lot tidak terganggu. Sebab perbaikan ini dikerjakan dari pagi sampai sore. Meski demikian, kegiatan wisata tidak terganggu. Wisatawan masih bisa berfoto di bagian bawah pura. Namun untuk naik ke atas Pura Luhur Tanah Lot memang tidak diperbolehkan.

"Dari dulu aturannya seperti itu. Jadi wisatawan memang tidak boleh naik ke atas. Bukan karena ada perbaikan saja," ujarnya.

3. Angka kunjungan wisata melonjak

Pura Tanah Lot Tabanan Mulai DirenovasiKegiatan wisatawan di DTW Tanah Lot (Dok.IDNTimes/Humas Tanah Lot)

Sementara itu rata-rata kunjungan wisatawan domestik (wisdom) di DTW Tanah Lot mengalami peningkatan setelah momen Idulfitri. Menurut Toni, rata-rata kunjungan domestik sebelum Idulfitri sekitar 1.000 orang per hari/ Tetapi setelah Idulfitri, angka ini melonjak dua kali lipat menjadi 2.000 orang per hari.

"Peningkatan jumlah pengunjung ini menandai pulihnya sektor pariwisata setelah masa libur panjang," terangnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya