Biaya Pemeriksaan COVID-19 di Posko RSUP Sanglah Gratis Khusus PDP

Jangan lupa #DiRumahAja ya

Denpasar, IDN Times - Posko COVID-19 (Virus corona) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar telah dibuka sejak tanggal 21 Maret 2020, buka dari pukul 08.00-14.00 Wita. Namun tidak semua warga bisa memanfaatkan layanan di sini. Ada beberapa kriteria khusus yang telah ditetapkan oleh pihak RSUP Sanglah. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1. Diutamakan bagi pasien dalam pengawasan dan mengalami beberapa gejala seperti berikut ini:

Biaya Pemeriksaan COVID-19 di Posko RSUP Sanglah Gratis Khusus PDPProses tes virus corona di RSUP Sanglah. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kasubag Humas RSUP Sanglah, Dewa Kresna, menjelaskan tes virus corona di Posko COVID-19 RSUP Sanglah diutamakan bagi warga yang menyandang status pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona.

Selain PDP, warga bisa mendatangi posko jika mengalami demam 38 derajat celsius, batuk, pilek, nyeri otot, sesak napas atau terjadi pneumonia ringan hingga berat dan memiliki perjalanan ke negara yang terjangkit dalam kurun 14 hari terakhir sebelum timbul gejala, atau melakukan kontak dengan orang yang terjangkit COVID-19.

"Nanti petugas akan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan ini sekaligus memeriksa kondisi kesehatannya. Jika memenuhi kriteria, barulah diambil sampelnya untuk menjalani tes virus corona," ujar Dewa Kresna.

2. Biaya pemeriksaan digratiskan bagi pasien dalam pengawasan

Biaya Pemeriksaan COVID-19 di Posko RSUP Sanglah Gratis Khusus PDPMasyarakat yang menjalani tes virus Corona di RSUP Sanglah. (Dok.IDN Times/Istimewa)

Biaya pemeriksaan COVID-19 saat ini digratiskan bagi warga yang memiliki status Pasien Dalam Pegawasan (PDP). Jika di luar status ini, warga akan menanggung biaya sesuai dengan jenis pemeriksaannya.

"Nanti biayanya disesuaikan jenis dan jumlah pemeriksaannya. Bisa saja hanya di amnanesa, pemeriksaan thorax atau dilengkapi dengan pemeriksaan laboratorium. Tarif list-nya belum dibuat. Nanti kami usahakan membuat tarif list-nya," kata Dewa Kresna.

3. Sampel dikirim ke Surabaya

Biaya Pemeriksaan COVID-19 di Posko RSUP Sanglah Gratis Khusus PDPIDN Times/Wira Sanjiwani

Dewa Kresna menegaskan, pemeriksaan COVID-19 di Posko ini bukanlah layanan rapid test. Untuk melakukan pemeriksaan lab tersebut, pihak RSUP Sanglah masih mengirimkan sampelnya ke Surabaya, Jawa Timur.

"Dulu kan masih dikirim ke Jakarta. Sekarang lebih dekat yaitu ke Surabaya," tutupnya.

4. Lokasi layanan dipusatkan di dekat Ruang Nusa Indah

Biaya Pemeriksaan COVID-19 di Posko RSUP Sanglah Gratis Khusus PDPilustrasi ruang isolasi (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Posko virus corona atau COVID-19 ini berlokasi di Poli TB-MDR, tepatnya di sebelah Gedung Nusa Indah. Karena itu, masyarakat yang datang memeriksakan diri diharuskan masuk melalui pintu belakang yang ada di belakang Ruang Nusa Indah.

Masyarakat bisa masuk lewat pintu masuk RSUP Sanglah yang ada di dekat Kamar Jenazah RSUP Sanglah kemudian menuju belakang Ruang Nusa Indah. 

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya