Pohon Tumbang Intai Perjalanan Mudik di Tabanan

BPBD lakukan perompesan pohon perindang rawan tumbang

Tabanan, IDNTimes - Mudik adalah suatu tradisi yang selalu ada setiap hari raya lebaran.  Kabupaten Tabanan setiap tahunnya selalu dilalui arus mudik karena memiliki jalur utama menuju Gilimanuk.

Jalur utama Denpasar-Gilimanuk membentang di Kabupaten Tabanan dari Kecamatan Tabanan hingga Kecamatan Selemadeg Barat. Untuk menjaga pemudik tetap aman, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tabanan menempuh sejumlah upaya, terutama untuk daerah yang rawan bencana hidrometeorologi yaitu dengan cara perompesan pohon rindang yang ada di sepanjang jalan Denpasar-Gilimanuk.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Gereja Katolik di Bali untuk Rayakan Pekan Suci Paskah

1. Jalur Denpasar-Gilimanuk di Tabanan rawan pohon tumbang ketika musim hujan

Pohon Tumbang Intai Perjalanan Mudik di TabananKegiatan perompensan pohon yang digelar di Tabanan disepanjang jalur Denpasar-Gilimanuk (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Kepala BPBD Tabanan, I Nyoman Srinadha Giri memaparkan jalur Denpasar-Gilimanuk yang ada di Kabupaten Tabanan merupakan jalur di mana pohon rindang tumbuh di sepanjang jalan. "Jika hujan disertai angin, pohon tumbang sangat rawan terjadi di jalur ini," kata Giri, Jumat (29/2/2024).

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan selama mudik, BPBD Tabanan membuat jadwal perompesan pohon perindang yang sudah mulai digelar sejak 27 Maret hingga 4 April mendatang.

2. Pemudik diharapkan meningkatkan kewaspadaan saat mudik di jalur Denpasar-Gilimanuk

Ada sekitar 40 petugas dan empat unit mobil setiap kali kegiatan perompesan. "Perompesan ini dilakukan sepanjang jalur Denpasar-Gilimanuk yang ada di kabupaten Tabanan. Jadi mulai dari Kecamatan Tabanan sampai Kecamatan Selemadeg," ujar Giri.

Meski petugas sudah memangkas pohon-pohon tersebut, menurut dia, pohon masih berpeluang tumbang dan membahayakan pengguna jalan. Untuk itu, Giri mengimbau pemudik untuk meningkatkan kesawpadaan khususnya saat berkendara ketika cuaca ekstrem. "Jangan berteduh dibawah pohon. Carilah rest area yang aman," kata dia. 

3. Dinas Perhubungan Tabanan inspeksi armada angkutan

Pohon Tumbang Intai Perjalanan Mudik di TabananArmada bus Damri (instagram.com/karoserigunungmas)

Untuk menciptakan suasana aman dan lancar saat mudik, Dinas Perhubungan (Dishub) Tabanan juga menginspeksi keselamatan atau ramp check armada angkutan Lebaran. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak dua pekan lalu dan akan berlangsung mendekati Lebaran.

Kasi Angkutan Dishub Tabanan Dewa Nyoman Arsa Dyana, menjelaskan pemeriksaan ini dilakukan mengingat arus mudik lebaran hanya tinggal menghitung hari. Tujuannya untuk memastikan semua armada yang digunakan untuk angkutan mudik layak jalan, memenuhi unsur administrasi dan unsur teknis.

"Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pengecekan kelengkapan surat kendaraan, kemudian kondisi fisik armada mulai dari kelayakan mesin ban cadangan, pemecah kaca, surat laik jalan termasuk surat kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK," papar Arsa Dyana.

Baca Juga: Polda Bali Sidak SPBU di Denpasar Jelang Hari Raya Idul Fitri

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya