Petugas Lifeguard Tanah Lot Berharap Ada Tambahan Personel

Tugasnya tidak hanya menjaga keselamatan di areal Tanah Lot

Tabanan, IDN Times - Untuk menjaga keselamatan masyarakat dan pengunjung, Manajemen Daya Tarik Wisata (DTW) Tanah Lot menyiapkan tim lifeguard untuk berjaga di sejumlah titik di areal Tanah Lot, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan. Kini, jumlah petugas penjaga pantai itu dinilai kurang.

Saat ini ada 9 orang lifeguard yang bertugas setiap harinya di pinggir pantai Tanah Lot. Kepala Divisi Lifeguard DTW Tanah Lot, I Wayan Suwendra berharap, jumlah itu ditambah, karena petugas kerap diminta untuk membantu wilayah lain jika terjadi bencana atau musibah.

Baca Juga: Ratusan WNA Tanpa Identitas Ditangkap di Tabanan

1. Petugas sering diminta membantu wilayah luar Tanah Lot

Petugas Lifeguard Tanah Lot Berharap Ada Tambahan PersonelTanda larangan di DTW Tanah Lot saat air laut pasang (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Suwendra mengatakan, tim lifeguard disiagakan setiap hari untuk memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan yang berkunjung  ke DTW Tanah Lot,  baik pada saat air laut pasang maupun surut. Sebelum bertugas, personel telah mendapatkan pelatihan selama tiga bulan di Pantai Kuta. 

Untuk kondisi saat ini, Suwendra menilai, 9 petugas lifeguard itu belum ideal. Dia pun  berharap, jumlah lifeguard di Tanah Lot bisa ditambah.

"Hal ini karena lifeguard di Tanah Lot juga kerap diperbantukan jika terjadi musibah di luar wilayah Tanah Lot," ujarnya, Kamis (27/6/2024) 

2. Pemasangan tanda larangan saat air laut pasang

Petugas Lifeguard Tanah Lot Berharap Ada Tambahan PersonelTanda laranan di DTW Tanah Lot saat air laut pasang (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Tugas utama lifeguard  di Tanah Lot adalah untuk menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat maupun pengunjung, terutama pada saat air laut pasang.

"Pada saat air laut pasang, llifeguard akan memasang rambu atau larangan. Selain itu, lifeguard akan memasang bendera merah yang menjadi penanda pengunjung tidak boleh berada di area selepas bendera tersebut," ujarnya Suwendra.

Ia melanjutkan biasanya jika air laut pasang, pihaknya juga akan menutup areal pantai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Titik-titik pengawasan di Tanah Lot

Petugas Lifeguard Tanah Lot Berharap Ada Tambahan PersonelPetugas menyiapkan peralatan untuk keselamatan di areal Tanah Lot (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Menurut Suwendra ada beberapa titik yang menjadi pengawasan utama dari tim lifeguard Tanah Lot, yaitu di Pura Batu Bolong, pelaba Pura Tanah Lot, dan semua perbatasan pura di DTW Tanah Lot.

Selain menjaga keamanan dan keselamatan pengunjung, tugas lifeguard  juga menyiapkan peralatan keselamatan, seperti life jacket hingga rubber boat. "Ada tiga unit rubber boat yang disiapkan, yakni dua unit dari DTW Tanah Lot dan satu lagi dari Satpolair Polres Tabanan," jelas Suwendra.

Baca Juga: Tiket Masuk Air Terjun Leke Leke di Tabanan Bali

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya