Pengendara Motor Terlindas Truk di Tabanan saat Gerimis

Pengemudinya meninggal di lokasi

Tabanan, IDN Times - Kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan satu orang meninggal dunia terjadi di Kabupaten Tabanan, Sabtu (4/11/2023) pada pukul 18.30 Wita. Kejadian berlangsung saat hujan gerimis. Pengendara sepeda motor tidak bisa menguasai kendaraan, dan terjatuh. Satu pengemudi sepeda motor meninggal dunia karena jatuh ke arah kanan dan terlindas truk. Sedangkan pembonceng jatuh ke arah kiri dan menderita luka lecet.

Menjelang musim hujan, tentunya pengguna jalan diharapkan lebih berhati-hati. Beberapa tips aman mengemudi saat musim penghujan diberikan oleh Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Kepolisian Resor (Polres) Tabanan.

1. Pengendara motor oleng dan jatuh ke kanan

Pengendara Motor Terlindas Truk di Tabanan saat GerimisIlustrasi kecelakaan motor. IDN Times/Mia Amalia

Menurut Kasatlantas Polres Tabanan, AKP Adrian Rizki Ramadhan, seizin Kapolres Tabanan, AKBP Leo Dedy Defretes, kecelakaan yang merenggut satu nyawa, Sabtu (4/11/2023) itu, terjadi di jalan umum jurusan Denpasar-Gilimanuk yang masuk wilayah Banjar Pasekan, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan.

Saat itu sepeda motor yang dikendarai Ica Nuraini (19), membonceng Bella Utami (19), datang dari arah Timur jurusan Denpasar menuju arah Barat Jurusan Gilimanuk. Kendaraan mereka berada di samping kiri truk Hino, dan berjalan beriringan.

"Sesampainya di lokasi kejadian, yaitu di jembatan, dengan kecepatan sedemikian rupa, pengendara motor tidak bisa mengendalikan sepeda motornya hingga jatuh ke arah kanan," ujar Adrian, Minggu (5/11/2023).

2. Pengemudi motor meninggal setelah dilindas truk

Pengendara Motor Terlindas Truk di Tabanan saat GerimisIlustrasi korban lakalantas. (IDN Times/Sukma Shakti)

Ica yang mengemudikan sepeda motor, terjatuh ke arah kanan, dan truk tersebut melindasnya. Ica meninggal di tempat. Sementara Bella, yang dibonceng, jatuh ke sebelah kiri. Ia menderita lecet di bagian pipi kiri dan lutut kaki sebelah kanan. Bella lalu dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan untuk mendapatkan perawatan dan dalam kondisi sadar.

"Saat kejadian sepeda motor itu melaju di samping kiri truk. Ketika melintasi jalan menurun, situasinya hujan gerimis. Saat memasuki jembatan, pengendara sepeda motor tidak mampu menguasai laju sepeda motornya, lalu oleng terjatuh terseret ke samping kanan, kemudian terlindas oleh roda kiri belakang truk," jelas Adrian.

3. Tips berkendara aman saat hujan

Pengendara Motor Terlindas Truk di Tabanan saat Gerimisilustrasi berkendara (unplash.com/harleydavidson)

Adrian mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam berkendara, terutama pada musim hujan. Pengendara diminta tidak ugal-ugalan, serobot sana sini hanya demi cepat sampai tujuan, dan memperhatikan rambu jalan. Menurutnya, medan jalan lebih licin dan jarak pandang terbatas ketika hujan. Sehingga pengendara harus mengatur kecepatan sepeda motor dengan mengikuti aturan, yaitu antara 60-80 kilometer per jam.

Apabila hujannya terlalu deras dan sampai mengganggu jarak pandang, maka disarankan untuk berhenti sampai cuacanya memungkinan untuk berkendara kembali. Ia juga mengimbau agar pengendara memperhatikan marka jalan ketika hendak menyalip kendaraan di depannya.

"Ada marka putus-putus dan tidak putus-putus. Ketika di marka putus-putus berarti boleh menyalip dengan tetap melihat situasi aman dari arah berlawanan. Kalau garisnya tidak putus-putus, jangan menyalip," jelasnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya