Musim Hujan, Sumber Air Permukaan di Tabanan Keruh

Perumda TAB siapkan layanan pengaduan

Tabanan, IDN Times - Sumber air permukaan PDAM  atau Perumda Tirta Amertha Buana (TAB) Tabanan keruh di musim hujan ini. Untuk mengatasi ini Perumda TAB Tabanan melakukan pembersihan secara berkala.

Untuk memaksimalkan layanan jelang Idul Fitri, TAB Tabanan juga rutin menyisir jaringan pipa untuk memastikan tidak ada kerusakan. TAB juga menyediakan layanan pengaduan bagi pelanggan yang mendapatkan permasalahan gangguan layanan air bersih, terutama saat libur Idul Fitri.

1. Sumber air permukaan alami kekeruhan

Musim Hujan, Sumber Air Permukaan di Tabanan KeruhBendungan Telaga Tunjung Tabanan (Dok.IDNTimes/Perumda TAB Tabanan)

Kepala bagian  (Kabag) Humas Perumda TAB Tabanan, Wayan Agus Suanjaya mengatakan, keruhnya permukaan air itu tidak menganggu distribusi air bersih ke pelanggan karena dilakukan secara bergiliran.

Petugas, kata dia, membersihkan bak-bak penampungan air seminggu sekali. "Jadi tidak semua bak kami bersihkan, bergiliran sehingga tidak menanggu distribusi air bersih ke pelanggan," ujarnya, Rabu (3/4/2024).

Baca Juga: Pohon Tumbang Intai Perjalanan Mudik di Tabanan

2. TAB Tabanan menyiagakan 15 petugas saat hari raya Idul Fitri

Musim Hujan, Sumber Air Permukaan di Tabanan KeruhPerbaikan pipa distribusi air di Tabanan (Dok.IDNTimes/Perumda TAB)

Sementara itu agar tidak ada gangguan selama libur panjang  Idul Fitri, TAB Tabanan rutin melakukan step test atau mencari titik kebocoran, melakukan pemeliharaan jaringan hingga melakukan perbaikan ketika terjadi gangguan seperti kebocoran pipa.

Untuk memastikan hal ini, TAB Tabanan menyiagakan 15 – 20 orang petugas lapangan sehingga apabila terjadi gangguan distribusi air di lapangan, sudah ada petugas yang siaga. 

Menurut Agus, meski banyak warga Tabanan yang mudik selama libur Idul Fitri, namun pihaknya memastikan pemakaian air tidak mengalami penurunan signifikan karena kegiatan wisata juga meningkat. "Dan beberapa warga Tabanan yang tinggal di luar kembali ke Tabanan selama liburan," jelas Agus.

Dia juga mengungkap, rata-rata pemakaian air di Tabanan itu adalah 19,85 meter kubik per sambungan rumah tangga.

3. Pemudik diharapkan cek kran air sebelum mudik

Musim Hujan, Sumber Air Permukaan di Tabanan KeruhIlustrasi distribusi air (Dok.IDNTimes/Perumda TAB)

Agus menambahkan apabila terjadi kebocoran jaringan pipa distribusi, tentunya menjadi tanggung jawab Perumda TAB untuk melakukan perbaikan. Namun, jika pada saat mudik, pelanggan lupa menutup kran air, maka kerugian berupa pembengkakan biaya pemakaian air tentu ditanggung pelanggan. Untuk itu pihaknya mengimbau pelanggan untuk mengecek kran airnya sebelum pergi mudik. "Agar lebih aman, saat mau mudik meteran air dimatikan dulu," ujarnya.

Pihaknya juga tetap membuka layanan pengaduan selama liburan Idul Fitri. Jadi apabila pelanggan mengalami permasalahan distribusi air bersih bisa menghubungi unit dan nomor telepon dibawah ini:

  • No Wa : 087816143624 (chat and call)
  • No Wa : 081999961400 (chat only)
  • No Wa Cek Tagihan : 087861444401 (ketik NO sambungan saja)
  • Fanspage Facebook : Perumda Tirta Amertha Buana
  • Kantor pusat : (0361) 9311213/9311706
  • Unit Pelayanan Selemadeg : 085953933156
  • Unit Pelayanan Kerambitan : 081236125359/085237311123
  • Unit Pelayanan Baturiti : 087862256296
  • Unit Pelayanan Penebel : 083117201151

 

Baca Juga: Polres Tabanan Buka Layanan Penitipan Kendaraan Gratis

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya