Lebaran, Polres Tabanan Giatkan Patroli ke Perumahan Warga

Cegah Pencurian di rumah kosong yang ditinggal mudik

Tabanan, IDN Times - Jajaran Polres Tabanan mengamankan rumah kosong yang ditinggal pemiliknya saat mudik. Caranya, polisi menggencarkan patroli.

Kegiatan patroli ini bertujuan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif selama periode mudik dan lebaran.  Polres Tabanan berharap masyarakat dapat dengan tenang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dengan perlindungan dari pihak Kepolisian.

“Patroli dengan mengunjungi pos ronda ataupun posko-posko keamanan mandiri lainnya, yang bertujuan untuk mengimbau dan mengingatkan kepada para tenaga keamanan agar lebih waspada selama bertugas,” kata Kapolres Tabanan, AKBP Leo Dedy Defretes pada Rabu (10/4/2024)

Baca Juga: 36 Warga Binaan di Lapas Tabanan Dapat Remisi Khusus

1. Patroli sempat menyasar sejumlah perumahan

Lebaran, Polres Tabanan Giatkan Patroli ke Perumahan WargaJajaran Polres Tabanan melakukan kegiatan pengamanan rumah kosong yang ditinggal pemiliknya saat mudik (Dok.IDNTimes/Polres Tabanan)

Salah satu kegiatan patroli ini dilakukan Selasa malam (9/4/2024) dimana personel Sat Samapta Dalmas dan Patroli Polres Tabanan melaksanakan giat Patroli Printis Presisi, dengan kekuatan 5 personel dipimpin oleh Bripka I Putu Astika Atmaja. 

Sasaran patroli malam tersebut adalah perumahan antara lain, Perumahan Sangulan Indah Kecamatan Kediri, Perumahan Rajawali Pesiapan Kecamatan Tabanan, Perumahan Grya Pangkung Prabu Kecamatan Tabanan dan  Perumahan Taman Sari Residence Kecamatan Tabanan.

2. Petugas keamanan diminta mengetahui, rumah mana saja yang kosong di lingkungan mereka

Lebaran, Polres Tabanan Giatkan Patroli ke Perumahan WargaJajaran Polres Tabanan melakukan kegiatan pengamanan rumah kosong yang ditinggal pemiliknya saat mudik (Dok.IDNTimes/Polres Tabanan)

Selain berpatroli, kata  Leo Dedy Defretes, personel yang bertugas juga melakukan dialog dengan petugas keamanan dan masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan, termasuk waspada terhadap kendaraan yang keluar masuk perumahan.

“Jadi kami minta untuk masyarakat dan para tenaga keamanan agar mengetahui rumah warga mana saja yang ditinggal mudik," papar Dedy. 

Baca Juga: Petani Tabanan Belum Rasakan Naiknya Harga Gabah

3. Hubungi call center jika temukan hal mencurigakan

Lebaran, Polres Tabanan Giatkan Patroli ke Perumahan Wargatelepon rumah (freepik.com/freepik)

Selain itu Polres Tabanan juga mengimbau warga sekitar untuk ikut aktif memantau lingkungannya, terutama jika ada rumah kosong yang ditinggal mudik. Apabila masyarakat melihat gerak-gerik mencurigakan diimbau untuk melapor ke call center 110 atau ke Bhayangkara Pembina Keamanan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) setempat.

Dedy juga memerintahkan kapolsek dan para Bhabinkamtibmas untuk berkoordinasi dengan aparat desa yang ada untuk mendata dan memetakan wilayah pemukiman ataupun komplek perumahan yang banyak ditinggal mudik penghuninya.

“Dalam pelaksanaan patroli ini, kami juga memerintahkan personel polsek jajaran untuk melaksanakan kegiatan yang serupa di beberapa titik perumahan yang dianggap rawan terjadinya tindak kejahatan,” terang Dedy.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Harga Cabai di Tabanan Turun Signifikan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya