Logistik Pilkada Tabanan Telah Sampai, Siapkah Mencoblos Pilihannya?

Jumlah kotak suaranya sesuai dengan yang ada di TPS

Tabanan, IDN Times - Logistik Pemilihan Kepala Daerah Pilkada 2020 telah diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tabanan secara bertahap. Pihaknya menerima 1.130 kotak suara dan langsung disimpan di gudang KPU GOR Debes Desa Delod Peken, Kecamatan Tabanan, Senin (2/11/2020). Sebelumnya, Selasa (29/10/2020) lalu, KPU Tabanan telah menerima 2.260 tinta.

Baca Juga: Final! KPU Tabanan Tetapkan DPT Pilkada 362.813 Pemilih

1. Jumlah kotak suara sesuai dengan jumlah TPS di Tabanan

Logistik Pilkada Tabanan Telah Sampai, Siapkah Mencoblos Pilihannya?Ilustrasi Pilkada serentak 2020, IDN Times/ istimewa

Ketua KPU Tabanan, I Putu Gede Weda Subawa, mengatakan 1.130 kotak suara ini sesuai jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Tabanan.

"Kotak suara ini dibawa langsung dari rekanan yang menang tender sesuai lelang yang dilakukan KPU RI. Jumlah kotak suara yang diterima sesuai dengan jumlah TPS di Tabanan sebanyak 1.130. Nanti satu TPS memperoleh 1 kotak suara,”  jelasnya.

Baca Juga: Kampanye Paslon Panji-Budi di Tabanan Sambil Jawab Komen Netizen

2. Seperti sebelumnya, kotak suara diterima berbentuk karton yang belum dirakit

Logistik Pilkada Tabanan Telah Sampai, Siapkah Mencoblos Pilihannya?Ilustrasi Pilkada (IDN Times/Nofika Dian Nugroho)

Weda melanjutkan, kotak suara yang diterima oleh KPU Tabanan dalam bentuk karton yang belum dirakit. Sebelum dirakit, pihaknya akan melakukan pengecekan apakah ada kerusakan pada kotak suara tersebut.

"Setelah selesai pengecekan baru dirakit. Untuk perakitan akan mengajak pihak ketiga," jelasnya.

Mengingat kini memasuki musim hujan dan kotak suaranya terbuat dari karton, maka seluruh logistiknya dibungkus oleh plastik berlapis. Proses pengiriman ke TPS pun diangkut pakai truk yang dilengkapi terpal, sampai ke gudang KPU di GOR dengan pantauan closed circuit television (CCTV).

Sementara dari 2.260 tinta, KPU Tabanan menemukan 91 tinta di antaranya dalam keadaan bocor. Tinta tersebut sudah dilaporkan dan dibuatkan berita acara untuk dikirim kembali ke pihak penyedia yang menang tender di KPU RI.

“Nanti per TPS mendapatkan dua tinta, yang kekurangan ini kita sedang menunggu pengiriman lebih lanjut,” lanjut Weda.

Baca Juga: Kampanye Online di Tabanan Efektif Menjaring Generasi Muda dan Pegawai

3. Tahapan Pilkada Tabanan memasuki jadwal pleno LPSDK

Logistik Pilkada Tabanan Telah Sampai, Siapkah Mencoblos Pilihannya?

Pilkada Tabanan kini sudah memasuki jadwal pleno Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK). Pada laporan penetapan dana kampanye paslon nomor urut 1, I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira), melaporkan baru Rp100 juta. Sedangkan dana kampanye paslon 2, AA Ngurah Panji Astika-I Dewa Nyoman Budiasa (Panji-Budi), sebesar Rp220.864.000. Dana kampanye tersebut masih berasal dari pribadi calon. Belum ada sumbangan dari partai politik (Parpol) maupun lainnya.

Baca Juga: Isi Visi Misi Pasangan Jaya-Wira, Kembalikan Pertanian Jadi Soko Guru

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya