KMP Gerbang Samudra 2 Kandas di Selat Bali

Seluruh penumpang berhasil dievakuasi

Jembrana, IDN Times - Kapal motor penumpang (KMP) Gerbang Samudra 2 mengalami mati mesin di Selat Bali, pada Minggu (17/9/2023) sekitar pukul 11.00 Wita. Akibatnya, kapal ini kandas dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Kapal yang mengangkut 132 penumpang ini berhasil dievakuasi. Hingga malam, kapal masih kandas dan menunggu air pasang untuk proses evakuasinya.

1. Kapal kandas 700 meter dari Pelabuhan Gilimanuk

KMP Gerbang Samudra 2 Kandas di Selat BaliKMP Gerbang Samudra 2 yang kandas di Selat Bali, Minggu (17/9/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Koordinator Pos SAR Jembrana, Dewa Hendri Gunawan, dalam rilisnya menjelaskan KMP Gerbang Samudra 2 mengalami mati mesin saat berlayar dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju Gilimanuk Bali. Kapal ini kandas sekitar 700 meter dari Dermaga Pelabuhan Gilimanuk sekitar pukul 11.00 Wita.

"Ketika mendekati Dermaga Gilimanuk, kapal mati mesin dan terbawa arus. Kapal hendak lego jangkar namun akibat arus yang kuat akhirnya kandas," ujar Hendri, Minggu (17/9/2023).

2. Kapal mengangkut 132 orang

KMP Gerbang Samudra 2 Kandas di Selat BaliEvakuasi penumpang KMP Gerbang Samudra 2 yang kandas di Selat Bali, Minggu (17/9/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Menurut Hendri, KMP Gerbang Samudra 2 mengangkut 132 orang, masing-masing 114 orang Warga Negara Asing (WNA) dan Warga Negara Indonesia (WNI) serta 18 anak buah kapal (ABK). Kapal juga mengangkut kendaraan jenis truk, roda 4, dan roda 2.

"Kapal itu berangkat dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi pukul 10.00 WIB," katanya.

Pihak Search and Rescue (SAR) Jembrana mendapatkan informasi mengenai kandasnya KMP Gerbang Samudera 2 sekitar pukul 12.50 Wita.

"Kami terima laporan pukul 12.50 Wita dan langsung mengerahkan personel menuju lokasi saat proses evakuasi dengan Tim SAR Gabungan posisi kapal masih stabil," terangnya.

3. Penumpang dievakuasi hingga enam kali penjemputan

KMP Gerbang Samudra 2 Kandas di Selat BaliProses Evakuasi penumpang KMP Gerbang Samudra 2 yang kandas di Selat Bali, Minggu (17/9/2023) (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Hendri melanjutkan, seluruh penumpang berhasil dievakuasi hingha 6 kali penjemputan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB) Basarnas, dan speed boat Polair.

Kepala Kantor Basarnas Bali, I Nyoman Sidakarya, mengatakan seluruh proses evakuasi berjalan lancar.

"Sekitar pukul 14.30 Wita, semua penumpang yaitu 27 orang dewasa (WNA), 76 orang dewasa (WNI), dan 11 orang anak-anak (WNI) berhasil dievakuasi dan dibawa menuju VIP Pelabuhan Gilimanuk untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut," ungkapnya.

Sidakarya menginformasikan hingga saat ini, posisi KMP Gerbang Samudra 2 masih kandas menunggu air pasang untuk penarikan menuju ke dermaga Landing Craft Transport  (LCT).

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya