Jelang Nyepi, PDAM di Tabanan Siagakan 60 Petugas

Mereka menyisir dan mengecek pipa distribusi air

Tabanan, IDN Times - Salah satu layanan yang tetap beroperasi di hari raya Nyepi adalah layanan ketersediaan air bersih. Untuk itu, Perusahaan Daerah Tirta Amertha Bhuana (Perumda TAB) atau PDAM Tabanan mengambil langkah-langkah kewaspadaan.

Salah satunya adalah menyiagakan 60 petugas untuk memeriksa kebocoran jaringan yang terjadi. Hal ini dilakukan agar distribusi air bersih tidak terganggu saat Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Senin (11/3/2024).

"Pemeriksaan ini sebenarnya rutin dilakukan. Tetapi jelang hari Nyepi lebih intens, di mana  60 petugas bersiaga dan mengecek setiap hari," kata Kepala Bagian Humas Perumda TAB I Wayan Agus Suanjaya pada Kamis (7/3/2024).

Baca Juga: Harga Beras di Tabanan Stabil, Belum Ada Kenaikan Lagi

1. Petugas menemukan beberapa kebocoran pipa distribusi

Jelang Nyepi, PDAM di Tabanan Siagakan 60 PetugasPerbaikan pipa distribusi air di Tabanan (Dok.IDNTimes/Perumda TAB)

Agus memaparkan, petugas sudah memeriksa jaringan air di Tabanan. Dari pemeriksaan itu, petugas menemukan sejumlah pipa distribusi yang bocor. 

Adapun kerusakan ditemukan di Banjar Gerang Desa Dajan Pekan Kecamatan Tabanan dan di dekat jembatan shortcut yang berlokasi di Desa Megati Kecamatan Selemadeg Timur. "Kerusakan yang ditemukan ini sudah langsung diperbaiki," kata dia. 

Agus berharap, penyisiran ini menjadi langkah perbaikan saluran yang rusak sehingga saat Nyepi nanti, tidak ada layanan air bersih yang terganggu.

2. Perumda TAB menambah daya untuk operasional di sumber air Dedari

Jelang Nyepi, PDAM di Tabanan Siagakan 60 PetugasIlustrasi distribusi air (Dok.IDNTimes/Perumda TAB)

Untuk memaksimalkan layanan, saat ini Perumda TAB juga menambah daya listrik di sumber air Dedari di Kecamatan Marga. Di sana, kata Agus, ada dua pompa.

Pada pemakaian puncak, imbuhnya, pompa biasanya diaktifkan secara bergantian. "Tetapi dengan meningkatkan sumber daya listrik ini, pada pemakaian puncak semua pompa bisa diaktifkan sehingga layanan lebih maksimal," ujarnya.

Sumber daya listrik untuk pompa di lokasi itu juga ditambah karena ada penambahan pelanggan. saat ini, sumber air Dedari melayani pelanggan 8.490 dari sebelumnya dari 7 ribuan pelanggan. Pelanggan ini menyebar di Desa Banjar Anyar, Desa Abiantuwung, Desa Nyambu, hingga Desa Kaba-Kaba. 

"Penambahan daya pada pompa ini diharapkan layanan distribusi air bersih dari sumber air Dedari  tak lagi terganggu," ujarnya.

3. Masyarakat diharapkan menampung air

Jelang Nyepi, PDAM di Tabanan Siagakan 60 Petugasilustrasi mencuci tangan dengan air bersih (pexels.com/Farooq Khan)

Meski sudah ada langkah-langkah kewaspadaan, Agus tetap mengimbau kepada pelanggan untuk selalu menampung air di rumah, terutama saat Hari Raya Nyepi.

"Sebab, apabila adanya gangguan darurat distribusi air, masyarakat masih bisa punya cadangan air bersih,” ujar Agus.

Untuk layanan pembayaran tagihan air yang langsung ke kantor Perumda TAB menurut Agus sudah mulai tutup mulai Jumat (8/3/2024) hingga Selasa (12/3/2024). "Namun pembayaran online masih bisa dilakukan," ujarnya.

Baca Juga: Harga Cabai Naik, Petani Tabanan Raup Keuntungan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya