Daftar ke KPU Tabanan, Pasangan Jaya-Wira Bicara Soal Petani Muda

Mereka meminta millennial pulang kampung dan jadi petani

Tabanan, IDN Times - Pasangan calon (Paslon) Bupati I Komang Gede Sanjaya dan calon wakil bupati (Cawabup) I Made Edi Wirawan (Jaya-Wira) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftar ke Kantor Pemilihan Umum (KPU) Tabanan, Jumat (4/9/ 2020).

Sesuai imbauan dari KPU Tabanan, pasangan Jaya-Wira tampak tidak diantar oleh massa pendukung serta mematuhi protokol kesehatan (Prokes) COVID-19. Setelah menjalani pemeriksaan suhu di depan pintu masuk, mereka mencuci tangan, dan langsung menuju ke ruang pendaftaran, di lantai II Kantor KPU Tabanan.

Baca Juga: Dapat Rekomendasi dari PDIP, Dana-Dipa Head to Head Tantang Incumbent

1. Rombongan yang datang dibagi menjadi dua shift

Daftar ke KPU Tabanan, Pasangan Jaya-Wira Bicara Soal Petani MudaRombongan Paslon Jaya Wira saat tiba untuk mendaftar di KPU Tabanan Jumat (04/09/2020) (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Kalau beberapa paslon di beberapa daerah diantar dengan iring-ringian mobil atau lainnya, namun pasangan Jaya-Wira tidak melakukan seperti itu. Mereka membagi rombongan menjadi dua shift.

Rombongan pertama yang datang sebanyak 15 orang terdiri dari paslon, istri paslon, Liaison officer (LO), dan petugas inti pendaftaran. Rombongan kedua datang 10 menit kemudian, yang terdiri dari pendukung Jaya-Wira, pendukung Gerindra dan PSI. Mereka langsung stand by di Lapangan Alit Saputra. Jika ditotal, jumlahnya tidak melebihi 40 orang sesuai imbauan KPU Tabanan.

Semua rombongan bergerak dari Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Tabanan. Sebelum berangkat ke Kantor KPU, pasangan Jaya-Wira mengikuti  upacara mejaya-jaya di kantor tersebut  sekaligus pengukuhan tim pemenangan Jaya-Wira.

Prosesi mejaya-jaya dipuput oleh Ida Pandita Mpu Rsi Siwa Putra Sanatana Daksa Manuaba dari Griya Agung Utu, Kecamatan Penebel, Tabanan.

Baca Juga: Tak Dampingi Sumatri Daftar ke KPU, Cawabup Sukerana Positif COVID-19

2. Jaya-Wira bicara soal generasi muda yang harus pulang kampung untuk menjadi petani millennial

Daftar ke KPU Tabanan, Pasangan Jaya-Wira Bicara Soal Petani MudaPaslon Jaya-Wira saat mendaftar di KPU Tabanan, Jumat (04/09/2020) (Dok.IDNTimes/KPU Tabanan)

Setelah 45 menit di ruangan pendaftaran dan mendapatkan pemaparan teknis pemeriksaan kesehatan yang dijadwalkan tanggal 8-9 September 2020 mendatang di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah Denpasar, pasangan Jaya-Wira memaparkan visi-misinya di depan awak media.

Sanjaya bicara soal Tabanan era baru yang aman, unggul, dan madani. "Madani artinya masyarakat yang beradab, kecerdasan dan kesejahteraannya tinggi," katanya.

Ia juga mempertahankan sektor pertanian yang dinilai sebagai tulang punggung pembangunan meski Kabupaten Tabanan termasuk daerah wisata.

"Kami akan berorientasi pada pertanian seperti mengembangkan desa wisata berbasis pertanian, agrowisata dan lainnya," ujar Sanjaya.

Menurutnya, pandemik COVID-19 ini menyadarkan masyarakat bahwa ketika pariwisata sudah tidak bisa lagi diandalkan, generasi muda harus kembali ke kampung halamannya untuk kembali bertani. Pasangan ini berharap mereka menjadi petani millennial, dan tidak lagi menganggapnya sebagai pekerjaan terpinggirkan.

3. Berkas dan dokumen syarat pendaftaran masih perlu diverifikasi

Daftar ke KPU Tabanan, Pasangan Jaya-Wira Bicara Soal Petani MudaKetua KPU Tabanan, I Gede Putu Subawa (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, mengatakan persyaratan yang dibawa oleh pasangan Jaya-Wira sudah lengkap. Nantinya berkas itu diverifikasi unthk memastikan keabsahannya.

"Sudah lengkap semua. Langkah selanjutnya adalah langkah verifikasi untuk memastikan keabsahan berkas-berkas yang ada. Akan dimulai pada 6 September nanti sampai 23 September," jelas Weda.

Tahap verifikasi ini diperkirakan selesai sebelum tanggal 23 September 2020. Terkait sah atau tidaknya berkas tersebut, akan diumumkan secara resmi tanggal 23 September 2020, atau pada tanggal penetapan paslon oleh KPU Tabanan.

Tahap selanjutnya adalah paslon akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUP Sanglah, yang dijadwalkan tanggal Oktober 2020 untuk pemeriksaan fisik dan 9 Oktober 2020 untuk pemeriksaan rohani.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya