Jalan Rusak Berat Tabanan Tersisa 4 Persen

Jalan rusak ini segera diperbaiki tahun 2024

Tabanan, IDN Times - Tabanan memiliki total ruas jalan kabupaten sepanjang 863.218 kilometer. Untuk mengatasi jalan yang rusak berat, pemerintah kabupaten (Pemkab) Tabanan selalu menggelontorkan dana setiap tahunnya.

Hingga akhir 2023, tersisa sekitar 4 persen jalan rusak di Tabanan. Perbaikan jalan rusak berat ini akan menjadi fokus pengerjaan tahun 2024 sehingga semua rampung di akhir tahun. 

Baca Juga: Surat Suara untuk Pilpres di Tabanan Banyak yang Rusak

1. Kategori jalan rusak berat di Tabanan

Jalan Rusak Berat Tabanan Tersisa 4 PersenIlustrasi jalan di Kabupaten Tabanan (Dok.IDNTimes/Humas Tabanan)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan, Made Dedy Darmasaputra mengungkap, pihaknya fokus untuk memperbaiki jalan yang kategori rusak berat.

"Atau dilihat dari  jumlah gangguan, yang mana di satu ruas jalan dari ujung ke ujung setiap 100 meter ada gangguan atau rusak,” ujarnya, Selasa (16/1/2024).

2. Jalan rusak paling banyak ada di daerah Tabanan bagian barat

Jalan Rusak Berat Tabanan Tersisa 4 PersenIlustrasi jalan di Kabupaten Tabanan (Dok.IDNTimes/Humas Tabanan)

Menurut Dedy, jalan rusak berat terbanyak ada di Tabanan bagian barat, seperti Kecamatan Selemadeg Timur, Selemadeg Barat, Kerambitan hingga Pupuan. Namun ada juga di Kecamatan Penebel. 

"Perbaikan jalan rusak berat di Kabupaten Tabanan akan berlanjut tahun 2024 ini. Rencananya eksekusi jalan rusak berat yang masih tersisa 4 persen ini dikerjakan mulai Maret mendatang dengan target rampung akhir Desember 2024," ujar Dedy.

3. Anggaran yang disiapkan mencapai Rp42 miliar

Jalan Rusak Berat Tabanan Tersisa 4 Persenpexels

Adapun anggaran yang disiapkan untuk perbaikan jalan rusak berat tersebut mencapai total Rp42 miliar yang saat ini prosesnya masih tahap perencanaan atau Detail Engineering Design (DED) untuk beberapa titik lokasi.

Selain jalan rusak berat, Dinas PUPRPKP Tabanan juga menangani beberapa ruas jalan kategori rusak ringan dan penanganan senderan yang jebol. “Ada sekitar 6 persen jalan rusak ringan yang harus ditangani pada tahun ini,” ujar Dedy.

Dedy  menambahkan, selain menuntaskan jalan rusak, Pemkab Tabanan akan melanjutkan proyek penataan tahap kedua Lapangan Alit Saputra pada Maret 2024 mendatang. Saat ini kegiatan penataan tahap kedua ini dalam proses pengadaan.

Baca Juga: Petugas Lapas Tabanan Merazia Blok Hunian Warga Binaan

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya