Generasi Muda Berharap Tabanan Menjadi Kota Ramah Anak

Yuk, kita tagih janji-janji mereka nantinya!

Tabanan, IDN Times - Saat ini calon kepala daerah sudah mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah masing-masing, dan sudah lolos tes kesehatan. Termasuk di wilayah Kabupaten Tabanan. Pada saat melakukan pendaftaran, pasangan calon (paslon) I Komang Gede Sanjaya dan I Made Dirga (Sanjaya-Dirga), beserta paslon I Nyoman Mulyadi dan I Nyoman Ardika (Mulyadi-Ardika), memberikan sedikit gambaran mengenai program yang akan mereka terapkan jika terpilih nanti.

Generasi muda Tabanan ternyata punya harapan sendiri mengenai program, yang nantinya akan diterapkan di Kabupaten Tabanan oleh kepala daerah terpilih.

1. Tabanan menjadi kota ramah anak

Generasi Muda Berharap Tabanan Menjadi Kota Ramah AnakIlustrasi anak(pexel.com/cottonbro studio)

Siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Tabanan, Gede Bagus Dipta Triadi Putra, berharap kepala daerah terpilih nantinya memperhatikan hilirisasi wisata digital. Sebab ia masih sering melihat banyak objek wisata di Tabanan yang mempunyai potensi, namun tenggelam oleh wisata di luar Tabanan.

"Maka dari itu, saya berharap ada program pengenalan wisata digital agar parawisata di Tabanan semakin dikenal," ujarnya, Sabtu (7/9/2024).

Sebagai pelajar, ia juga berharap ada program belajar eksplorasi dan kejujuran. Untuk hal ini, perlu adanya pemerataan pendidikan yang tidak hanya terpusat di Kota Tabanan saja, tetapi harus meluas di seluruh wilayah Kabupaten Tabanan. Forum anak Tabanan juga perlu diberdayakan sebagai wadah anak usia dini untuk berkembang.

"Diharapkan Pemerintah Kabupaten Tabanan dapat bekerja sama dengan forum anak di Tabanan dalam memberantas kasus yang berkaitan dengan anak. Supaya anak lebih terlindungi, dan Tabanan bisa menjadi Kota layak anak," paparnya.

2. Memperbaiki infrastruktur yang ada di Tabanan

Generasi Muda Berharap Tabanan Menjadi Kota Ramah AnakIlustrasi jalan raya (pexels.com/pixabay)

Sementara itu mahasiswa asal Tabanan, Kesawa Putra, lebih mengharapkan pemimpin yang lebih memperhatikan infrastruktur, terutama jalan. Sebab, menurutnya masih banyak jalan yang perlu diperbaiki oleh pemerintah.

"Diharapkan jalan-jalan yang saat ini masih rusak bisa diperbaiki," ujarnya.

3. Isi janji para paslon Bupati dan Wakil Bupati Tabanan

Generasi Muda Berharap Tabanan Menjadi Kota Ramah AnakNyoman Mulyadi dan Nyoman Ardika (atau Sengap) saat mendaftar ke KPU Tabanan, Rabu (28/8/2024) (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Sanjaya merupakan calon petahana yang menjabat sebagai Bupati Tabanan. Ia bersama wakilnya akan meneruskan program-programnya selama menjadi Bupati sebelumnya, terutama di bagian infrastruktur.

"Meski sekarang hampir sebagian besar jalan rusak di Tabanan sudah diperbaiki, namun masih ada sisa sedikit lagi untuk menuntaskan semuanya yang akan dilanjutkan jika terpilih nanti," papar Sanjaya.

Selain infrastruktur, Sanjaya juga akan menyentuh kesehatan, pendidikan, pariwisata, hingga seni budaya sebagai sasaran dalam program pembangunan Tabanan.

Sementara itu, paslon Mulyadi-Ardika setelah mendaftar ke KPU Tabanan beberapa waktu lalu, memaparkan 21 program unggulannya. Mulai dari satu KK satu sarjana, hingga satu desa satu dokter.

"Tentunya program ini akan menyasar semua lini pembagungan baik itu kesehatan, pendidikan, hingga seni dan budaya," kata Mulyadi.

Berikut ini 22 janji program paslon Mulyadi-Ardika menuju "Tabanan Maju".

  1. Satu KK, satu sarjana
  2. Satu desa, satu dokter
  3. Satu kamar RS, satu pasien
  4. Bibit dan pupuk pertanian gratis
  5. Subsidi gabah petani
  6. Program nelayan tangguh
  7. Profesionalisme UMKM
  8. Rp1 miliar, satu desa di luar anggaran dana desa
  9. Rp500 juta untuk desa adat dan subak
  10. Pembangunan pariwisata Tabanan Barat
  11. Program bapak asuh objek dan desa wisata integrated tourism
  12. Enterpreneur generasi muda
  13. Memberikan fasilitas kerja di kapal pesiar dan luar negeri
  14. Pesta tahuanan kreativitas generasi muda, seniman, klub olahraga, klub hobi, klub talenta, klub gamers, serta kelompok seni dan budaya
  15. Peningkatan upah tenaga nonASN 100
  16. Peningkatan TPP 100
  17. Kerja fleksibel berdasarkan kinerja work from anywhere
  18. Peningkatan PAD Tabanan sampai Rp1 triliun
  19. Profesionalisme pengolahan sampah
  20. Jalan kabupaten dan desa kondisi mantap
  21. Bantuan keagamaan masyarakat Tabanan di luar Hindu.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya