Hasil Uji Swab 53 Nakes Negatif, Puskesmas Tabanan III Kembali Dibuka

tanggal 13 Juli sudah bisa melayani masyarakat kembali

Tabanan, IDN Times - Setelah layanannya ditutup sementara karena ada tenaga kesehatannya (Nakes) positif COVID-19, Puskesmas Tabanan III akhirnya mulai membuka layanan per Senin (13/7/2020) besok.

Layanan ini dibuka karena hasil uji swab kedua nakes telah keluar dan hasilnya negatif. Selain itu, balita dan masyarakat umum yang pernah kontak dengan bidan positif COVID-19 ini, hasil uji swabnya juga dinyatakan negatif.

Baca Juga: 30 Balita di Tabanan Pernah Kontak dengan Bidan Positif COVID-19

1. Total sebanyak 89 orang yang telah menjalani uji swab. Termasuk masyarakat umum

Hasil Uji Swab 53 Nakes Negatif, Puskesmas Tabanan III Kembali DibukaPemeriksaan uji swab untuk petugas di Dinas Kesehatan Tabanan Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Kabupaten Tabanan, I Putu Dian Setiawan didampingi oleh Kepala Puskesmas Tabanan III, dr IB Wisnu Wardana, mengatakan total kontak tracing dari bidan yang positif ini dan telah menjalani uji swab sebanyak 89 orang. Rinciannya adalah:

  • Nakes: 53 orang
  • Balita: 15 orang
  • Masyarakat umum: 21 orang.

"Hasil uji swab kedua, 89 orang ini diterima Sabtu (11/7/2020) siang dan hasilnya semua negatif," ujar Dian, Minggu (12/7/2020).

2. Sebanyak 15 balita memilih menjalani isolasi mandiri selama 14 hari

Hasil Uji Swab 53 Nakes Negatif, Puskesmas Tabanan III Kembali DibukaIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan hasil uji swab negatif dari para nakes ini, maka layanan Puskesmas Tabanan III akan kembali dibuka, Senin (13/7/2020) besok.

"Layanan akan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang sudah selama ini diterapkan," jelas Dian.

Sementara 15 balita dari hasil kontak tracing memilih melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, sesuai dengan prosedur tetap (Protap) penanganan kontak erat dengan bidan.

"Lima belas balita yang menjalani isolasi mandiri terus dipantau tim medis. Sejauh ini, kondisi semuanya stabil dan sehat. Nanti setelah isolasi mandiri selesai selama 14 hari , sesuai protap akan dilakukan rapid test,"  tutupnya.

3. Sejauh ini belumada kasus positif COVID-19 di Tabanan per 12 Juli 2020

Hasil Uji Swab 53 Nakes Negatif, Puskesmas Tabanan III Kembali DibukaProses skrining bagi pasien dengan indikasi tertentu di RSUD Tabanan (Dok.IDN Times/RSUD Tabanan)

Sementara berdasarkan perkembangan kasus terakhir per Minggu (12/7/2020), belum ada penambahan kasus positif. Hanya saja ada satu pasien yang sembuh. Yaitu pasien asal Desa Dajan Peken, yang sebelumnya menjalani perawatan dan isolasi di Hotel I.  Sehingga total kumulatif warga Tabanan yang masih dirawat karena COVID-19 sebanyak 29 orang.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya