313 Orang di Tabanan dalam Pemantauan COVID-19, Ini Rincian Wilayahnya

Tabanan kini melakukan penyemprotan disinfektan massal

Tabanan, IDN Times - Berdasarkan data terakhir yang tercatat pada Kamis (26/3), jumlah total orang dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Tabanan naik dari 110 orang menjadi 313 orang. Kali ini ODP sudah tersebar merata di 10 kecamatan wilayah Tabanan.

Untuk mencegah meluasnya infeksi COVID-19 atau virus corona, personel gabungan dari Tentara Nasional Indonesia-Kepolisian Republik Indonesia (TNI-Polri), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Pemadam Kebakaran dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabanan melakukan penyemprotan disinfektan massal, Jumat (27/3).

1. Penyemprotan disinfektan massal dilakukan di seluruh wilayah Tabanan

313 Orang di Tabanan dalam Pemantauan COVID-19, Ini Rincian WilayahnyaPenyemprotan disinfektan massal oleh Polres Tabanan, Jumat (27/3). (Dok.IDN Times/Istimewa)

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Tabanan, AKBP Mariochristy PS Siregar, yang memimpin langsung penyemprotan disinfektan menggunakan Armada Water Canon (AWC) di Sabhara Polres Tabanan, mengatakan giat penyemprotan ini diawali dari lingkungan Polres Tabanan.

Setelah itu, AWC bergerak melakukan penyemprotan di sepanjang Jalan Pahlawan, pusat keramaian Kota Tabanan Jalan Gajah Mada, melewati simpang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tabanan, kemudian di Jalan Diponogoro dan seputaran Lapangan Alit Saputra Tabanan.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Untuk hari ini kita menyemprotkan disinfektan menggunakan AWC yang sudah kita modifikasi dengan mengisikan cairan disinfektan," ujar Mariochristy.

Sementara penyemprotan disinfektan di masing-masing kecamatan dilakukan oleh personel Polsek bersama Instansi terkait, dengan areal penyemprotan pada tempat-tempat strategis seperti tempat parkir, pertokoan, terminal, pasar dan objek wisata.

Baca Juga: 4 Cara Bikin Semprotan Disinfektan Ampuh Lawan Virus Corona, Aman kok!

2. Total ada 313 ODP jalani isolasi mandiri di rumah

313 Orang di Tabanan dalam Pemantauan COVID-19, Ini Rincian WilayahnyaSekda Kabupaten Tabanan, I Gede Susila. (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Berdasarkan data pers release terakhir yang dikeluarkan oleh Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Tabanan, tercatat sebanyak 313 ODP di Tabanan yang tersebar di seluruh kecamatan. Berikut ini rinciannya:

  • Kecamatan Tabanan: 21 orang
  • Kecamatan Kerambitan: 28 orang
  • Kecamatan Penebel: 25 orang
  • Kecamatan Selemadeg: 41 orang
  • Kecamatan Selemadeg Timur: 40 orang
  • Kecamatan Pupuan: 22 orang
  • Kecamatan Baturiti: 14 orang
  • Kecamatan Kediri: 28 orang
  • Kecamatan Selemadeg Barat: 75 orang
  • Kecamatan Marga: 19 orang.

Semua ODP ini menurut Ketua Satuan Tugas (Satgas) penanganan COVID-19 Tabanan sekaligus Sekda Kabupaten Tabanan, I Gede Susila, sedang dipantau oleh petugas kesehatan dan desa. ODP tersebut menjalani isolasi secara mandiri di rumah.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Virus Corona yang Salah Kaprah Menurut Medis

3. Ada satu lagi pasien dalam pengawasan di RSUD Tabanan

313 Orang di Tabanan dalam Pemantauan COVID-19, Ini Rincian Wilayahnya(IDN Times/Wira Sanjiwani)

Dari data Satgas Penanggulangan COVID-19 Tabanan itu pula, dilaporkan ada satu pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Tabanan. Kondisi pasien dinyatakan stabil dan sudah menjalani pengambilan swab untuk diperiksa laboratorium.

Sehingga otal pasien yang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Tabanan sampai saat ini menjadi tiga pasien. yaitu satu PDP, dan dua warga Negara Asing (WNA) positif COVID-19 yang merupakan pasangan suami istri (Pasutri).

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja Menurut WHO

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya