Resmi Purnabakti, Eka Wiryastuti Tetap Berpolitik Hingga Lanjut Bisnis

Ia akan membantu masyarakat Tabanan yang kena PHK

Tabanan, IDN Times - Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti dan Wakil Bupati Tabanan  I Komang Gede Sanjaya resmi menyerahkan jabatan kepada Pelaksana Harian (Plh) Bupati Tabanan, yaitu Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tabanan I Gede Susila, Rabu (17/2/2021) lalu. Eka terhitung telah memimpin Tabanan selama dua periode, yakni 2010-2015 dan 2016-2021.

Penyerahan jabatan ini menandai Eka Wiryastuti sah memasuki masa purnabaktinya memimpin Tabanan. Meski demikian, ia mengakui masih tetap aktif di dunia politik dan akan terus membantu dalam membangun Tabanan.

Baca Juga: Sejarah 6 Pura di Tabanan yang Ditetapkan Sebagai Cagar Budaya

1. Tetap aktif berpolitik dan berkegiatan sosial

Resmi Purnabakti, Eka Wiryastuti Tetap Berpolitik Hingga Lanjut BisnisNi Putu Eka Wiryastuti. (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Meski sudah purnabakti memimpin Tabanan, Eka Wiryastuti mengaku akan terus berkarya. Mulai dari tetap berkegiatan sosial, membuka sejumlah bisnis, dan membantu masyarakat Tabanan yang terimbas Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Kalau aktif di bisnis ada banyak. Ada di bidang properti, ada kafe, dan membantu BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) Tabanan memasarkan produk yang dihasilkan," katanya.

Ia juga akan tetap aktif di kegiatan politik karena Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) masih meminta Eka untuk membantu pembinaan kader.

"Walaupun tidak menjabat lagi tetapi politik masih tetap aktif, karena DPP masih meminta bantu membina kader," ujarnya.

2. Berharap masyarakat Tabanan tetap disiplin terapkan prokes

Resmi Purnabakti, Eka Wiryastuti Tetap Berpolitik Hingga Lanjut BisnisBupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti saat memantau suasana pasar tradisional di Tabanan (Dok.IDN Times/Humas Tabanan)

Eka Wiryastuti mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat Tabanan apabila selama kepemimpinannya ada yang tidak berkenan. Ia mengajak masyarakat untuk membangun dan mencintai Tabanan, terutama dalam menghadapi pandemik COVID-19.

"Jangan lupa untuk jaga imun tubuh dan tetap disiplin terapkan protokol kesehatan. Sebab, COVID-19 akan bisa diatasi dengan kerja sama semua pihak," jelas Eka.

Eka tidak ada pesan khusus untuk pemimpin Tabanan yang sekarang. Sebab menurutnya, setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Ia percaya pemimpin yang sekarang akan meneruskan program yang dianggap baik, dan memperbaiki yang dirasa kurang.

“Yang sudah bagus dilanjutkan. Yang kurang bagus, dibuat, diciptakan dan ditingkatkan sehingga lebih bagus lagi. Karena pemimpin punya cara dan upayanya masing-masing. Yang penting tujuannya sama, yakni memajukan Tabanan,” pesan Eka.

3. Pelantikan Bupati Tabanan terpilih rencananya digelar 26 Februari 2021 mendatang

Resmi Purnabakti, Eka Wiryastuti Tetap Berpolitik Hingga Lanjut BisnisEka Wiryastuti (dua dari kiri) usai acara serah terima jabatan Rabu (17/2/2021) (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Bupati Tabanan Terpilih, Komang Gede Sanjaya, berharap dirinya dapat melanjutkan amanah yang telah dititipkan dengan sebaik-baiknya demi kemajuan Tabanan. Rencananya pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Tabanan akan digelar, Jumat (26/2/2021).

Sanjaya menilai, banyak program-program yang baik telah dijalankan selama 10 tahun bersama Eka Wiryastuti memimpin Tabanan.

"Program yang ini akan dilanjutkan dan yang kurang perlu diisi dan ditingkatkan lagi,” ungkap Sanjaya.

Sementara dalam kesempatan yang sama, Plh Bupati Tabanan, I Gede Susila, mengatakan saat ini kepemimpinannya bersifat menunggu pejabat definitif bupati dan wakil bupati Tabanan dilantik secara resmi. Kewenangannya terbatas dan hanya menjalankan tugas-tugas rutin terkait pemerintahan.

“Tentu kami akan tetap berkoordinasi dengan Bupati terpilih," terangnya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya