203 KK di Desa Belimbing Tabanan Akhirnya Terima Dana BLT-DD

Bagaimana di tempatmu?

Tabanan, IDN Times - Desa Belimbing di Kecamatan Pupuan sudah mencairkan dana Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD). Setelah melalui pendataan dan musyawarah desa khusus, Desa Belimbing menetapkan 203 Kepala Keluarga (KK) sebagai penerima BLT-DD.

Setelah melalui proses verifikasi di kecamatan dan penarikan dana, BLT-DD ini kemudian dibagikan ke penerima secara bertahap serta tunai di masing-masing banjar.

1. Pencarian pertama dilakukan di dua banjar

203 KK di Desa Belimbing Tabanan Akhirnya Terima Dana BLT-DDPixabay.com/shameersrk

Perbekel Desa Belimbing, Nyoman Surianto, mengatakan pencarian BLT-DD tahap awal telah dilakukan di Banjar Suradadi (19 KK) dan Banjar Duren (11 KK), sejak Senin (11/5) lalu. "Kemarin dua banjar yang baru dibagikan," ujar Surianto, Selasa (12/5).

Adapun pembagian secara bertahap ini karena pihak desa baru bisa mencairkan dananya di Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali, Senin (11/5) siang.

Baca Juga: Mau Konsultasi Kesehatan? Ini Daftar Nomor Telepon Dokter di Tabanan

2. Pembagian akan dilakukan secara bertahap hingga tanggal 14 Mei

203 KK di Desa Belimbing Tabanan Akhirnya Terima Dana BLT-DDPenerima Dana BLT-DD di Desa Belimbing, Pupuan, Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Pembagian bertahap dana BLT-DD di Desa Belimbing masih terus berlangsung hingga Kamis (14/5). Setiap hari akan menjangkau dua banjar. Berikut ini datanya:

  • Selasa (12/5): dibagikan ke Banjar Pemudungan dan Banjar Belimbing Tegal.
  • Rabu (13/5): Banjar Beniti dan Banjar Belimbing Anyar
  • Kamis (14/5): Banjar Belimbing Desa dan Banjar Belantibah.

"Hari ini kami hanya bisa dua banjar karena di desa ada giat pagi hingga tengah hari. Sementara besok penerima di empat banjar, sisanya cukup banyak hingga kami bagi waktunya. Dua banjar pada Rabu (13/5) dan dua banjar lagi Kamis (14/5). Bagi yang tidak sempat datang mengambil kami bawakan langsung ke rumahnya," jelas Surianto.

3. BLT-DD untuk bulan Mei dibagikan pada akhir bulan Mei ini

203 KK di Desa Belimbing Tabanan Akhirnya Terima Dana BLT-DDPenerima dana BLT-DD di Desa Belimbing, Pupuan, Tabanan (Dok.IDN Times/Istimewa)

Surianto menambahkan, dana BLT-DD yang dicairkan kepada penerima dari tanggal 11-14 Mei ini adalah dana BLT-DD untuk bulan April. Sementara bulan Mei rencananya akan dibagikan pada akhir bulan. Agar tepat sasaran dan transparan, nama-nama penerima BLT-DD ditempel di kantor Desa.

"Kami akan segera amprahkan lagi dananya sehingga akhir Mei bisa kembali dicairkan untuk BLT-DD bulan Mei," terangnya.

Warga penerima dana BLT-DD asal Banjar Suradadi, Made Merta (40), mengaku sudah menerima bantuan tersebut, Senin (11/5).

"Saya kerjanya serabutan. Dulu sebelum COVID-19 kalau musim buah seperti saat ini jadi sopir angkut buah. Pendapatan bisa Rp1 juta per bulan. Kadang lebih kalau dapat kerjaan lain," ungkapnya.

Namun begitu ada pandemik, Bapak dua orang anak ini mengaku kesulitan mencari pekerjaan. Pekerjaan yang ia dapatkan sekarang adalah menjadi tukang rabas di kebun orang. Itu pun jarang ada panggilan. Ia mengaku terbantu dengan adanya bantuan BLT-DD untuk mencukupi kelangsungan hidup keluarganya.

"Kalau saya baru pertama kali dapat bantuan dari pemerintah. Sebelumnya belum pernah dapat," kata Merta.

Baca Juga: Pengamat: Apapun yang Namanya Bansos Itu Sumber Korupsi Paling Mudah

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya