Buruh Kusen dan Pintu di Tabanan Ditemukan Terbujur Kaku

Meninggal saat kerja

Tabanan, IDN Times - Seorang buruh harian ditemukan dalam kondisi tidak bernyawa saat sedang bekerja di Banjar Dinas Jelijih Pondok, Desa Megati, Kecamatan Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan, Kamis (18/4/2024) lalu.

Korban bernama Giyanto (63), buruh asal Jawa Tengah yang jug tinggal di Banjar Dinas Jelijih Pondok. Ia ditemukan dalam kondisi kaku di kebun milik warga setempat. 

1. Korban sedang bekerja membuat kusen dan pintu

Buruh Kusen dan Pintu di Tabanan Ditemukan Terbujur KakuBuruh harian ditemukan meninggal di kebun milik warga di wilayah Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan, Kamis (18/4/2024) (Dok.IDNTimes/Polres Seltim)

Kapolsek Selemadeg Timur, AKP I Nyoman Artadana, memaparkan Giyanto ditemukan tak bernyawa sekitar pukul 17.30 Wita. Sebelum ditemukan, Giyanto bersama dua rekannya sesama buruh harian bernama Suyanto (51), warga asal Jawa Tengah; dan Sutrisno (52), warga asal Jawa Timur sedang bekerja melakukan pengukuran jendela, pembuatan kusen dan pintu di Banjar Dinas Jelijih Pondok. Korban dan dua rekannya tiba di lokasi kerja sekitar pukul 08.00 Wita.

"Korban dan dua rekannya bersama ke lokasi proyek di mana mereka melaksanakan pengukuran kaca jendela untuk rumah joglo. Selesai pengukuran, korban Giyanto bersama dua rekannya kembali ke tempat kerja pembuatan kusen dan pintu yang berjarak sekitar 50  meter dari lokasi proyek rumah joglo," ujar Artadana, Jumat (19/4/2024).

2. Korban bekerja sendirian memasang kusen dan pintu

Buruh Kusen dan Pintu di Tabanan Ditemukan Terbujur Kakufoto hanya ilustrasi (Pexels,com/Charlotte)

Artadana menjelaskan, dua rekan korban kembali ke proyek rumah joglo. Sedangkan korban melanjutkan pekerjaan di tempat pembuatan kusen dan pintu. Pukul 12.00 Wita, dua rekannya, Suyanto dan Sutrisno, kembali untuk beristirahat. Namun mereka tidak melihat Giyanto di tempat kerja maupun tempat tinggal. Saat itu keduanya tidak menaruh curiga, dan setelah selesai beristirahat kembali ke proyek rumah joglo sampai dengan pukul 17.00 wita 

"Hingga pukul 17.30 wita, korban Giyanto tidak terlihat di tempat kerja dan tempat tinggal, maka rekan korban ini melakukan pencarian di sekitar tempat kerja. Kemudian sekitar empat meter dari tempat kerja ke arah selatan, yaitu di areal kebun pisang, korban ditemukan dalam kondisi terlentang di antara pohon pisang dan pondasi pagar," jelas Artadana.

3. Korban sudah dalam kondisi tidak bernyawa

Buruh Kusen dan Pintu di Tabanan Ditemukan Terbujur KakuBuruh harian ditemukan meninggal di kebun milik warga di wilayah Selemadeg Timur Kabupaten Tabanan, Kamis (18/4/2024) (Dok.IDNTimes/Polres Seltim)

Setelah dicek, kondisi Giyanto sudah kaku dan dikerubuti semut. Dua rekan korban kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Seltim. Menurut Artadana, dari hasil pemeriksaan luar yang dilakukan Puskesmas Seltim 1 tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Dari lebamnya diduga korban meninggal dunia lebih dari 2 jam sebelum ditemukan. Namun penyebab kematiannya masih belum bisa dipastikan, karena keluarga korban menolak untuk dilakukan autopsi, dan menerima kejadian tersebut sebagai musibah.

"Jenazah korban langsung dibawa ke rumah duka di Desa Grobogan, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah," ujar Artadana.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya