30 Balita di Tabanan Pernah Kontak dengan Bidan Positif COVID-19

Mereka harus uji swab

Tabanan, IDN Times - Hasil uji swab tahap pertama untuk 82 orang dari kontak tracing bidan Puskesmas Tabanan III yang terkonfirmasi positif COVID-19, telah turun. Semuanya menunjukkan hasil yang negatif. Mereka akan kembali menjalani swab kedua, pada Kamis (9/7/2020), bersamaan dengan kontak tracing lain yang terdiri dari balita dan pengantarnya.

Baca Juga: Kronologi Bidan Positif COVID-19 di Tabanan, Pernah Layani Imunisasi

1. Meski tahap pertama hasilnya negatif, namun mereka tetap akan melaksanakan uji swab kedua

30 Balita di Tabanan Pernah Kontak dengan Bidan Positif COVID-19(Ilustrasi virus corona) IDN Times/Arief Rahmat

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan (GTPP) COVID-19 Tabanan, I Gede Susila diwakili oleh juru bicaranya, I Putu Dian Setiawan, mengatakan total ada 82 hasil uji swab tahap pertama yang sudah keluar. Masing-masing hasil uji swab 61 tenaga yang bekerja di Puskesmas Tabanan III, dan 21 masyarakat umum. Semuanya pernah kontak dengan bidan yang dinyatakan positif sebelumnya.

"Semuanya negatif," kata Dian.

Status 82 orang tersebut baru akan ditentukan setelah hasil uji swab kedua yang dilaksanakan Kamis (9/7/2020) besok, keluar.

Baca Juga: Suka Duka Direktur RSUD Tabanan Atasi COVID-19, Pakai Masker di Rumah

2. Sebanyak 30 balita pernah kontak dengan bidan yang positif

30 Balita di Tabanan Pernah Kontak dengan Bidan Positif COVID-19Ilustrasi rapid test COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

Sekadar diketahui, selain kontak dengan tenaga kesehatan (Nakes) lain di Puskesmas Tabanan III, bidan tersebut juga pernah memberikan layanan imunisasi untuk balita. Karena itu pihak GTPP COVID-19 Tabanan melakukan kontak tracing terhadap balita dan pengantarnya.

Hasilnya ditemukan 30 balita yang pernah kontak dengan bidan tersebut. Mereka bersama pengantarnya ketika imunisasi akan menjalani uji swab, Kamis (9/7/2020) besok.

"Sehingga total yang diuji swab besok kurang lebih 142 orang," ungkap Dian.

3. Dua warga Tabanan sembuh dari COVID-19

30 Balita di Tabanan Pernah Kontak dengan Bidan Positif COVID-19IDN Times

Sementara berdasarkan data per Rabu (8/7/2020), Tabanan mencatat sebanyak dua warga yang diisolasi di Bapelkesmas dan Hotel I dinyatakan sembuh. Pasien tersebut berasal dari Desa Dajan Peken, dan Desa Delod Peken.

Selain pasien sembuh, juga ada tambahan satu orang positif COVID-19 dan sudah dilakukan tindakan penjemputan terhadap pasien bersangkutan. Ia berasal dari Kecamatan Pupuan dan kini sudah diisolasi di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Rumah Sakit (RS) Nyitdah.

Dengan adanya penambahan data terbaru, maka total warga Tabanan yang masih dirawat karena COVID-19 sebanyak 39 orang. Masing-masing dirawat di:

  • 1 orang diisolasi di RS Mangusada Badung
  • 1 orang diisolasi di RS AD Denpasar
  • 2 orang diisolasi di RSUP Sanglah
  • 4 orang diisolasi di Hotel R
  • 5 orang diisolasi di RSPTN Udayana
  • 5 orang diisolasi di Hotel I
  • 21 orang diisolasi di UPTD RS Nyitdah.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya