Alur Vaksinasi COVID-19 yang Perlu Diketahui Masyarakat Tabanan

Biar tidak bingung apabila waktu vaksinasinya tiba

Tabanan, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 perdana akhirnya digelar di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan, Rabu (27/1/2021) pagi.

Secara umum, alur vaksinasi COVID-19 di setiap fasilitas kesehatan (Faskes) itu sama. Sasaran vaksinasi harus menjalani empat prosedur sebelum diperbolehkan pulang. IDN Times telah merangkum alur vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tabanan. Biar masyarakat tidak bingung jika waktunya vaksinasi tiba:

Baca Juga: Pejabat di Tabanan Tidak Menunjukkan Gejala Pascavaksinasi COVID-19

1. Pemeriksaan suhu dan cuci tangan

Alur Vaksinasi COVID-19 yang Perlu Diketahui Masyarakat TabananPemeriksaan suhu dan cuci tangan (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Pemegang program imunisasi Dinas Kesehatan Tabanan, Komang Trijayanti, atas seizin Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr Nyoman Suratmika, mengatakan prosedur yang harus dilewati adalah pemeriksaan suhu dan cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir. Jangan lupa maskernya dibawa dan dipakai, serta lakukan jaga jarak. Sasaran akan menerima nomor antrean. Ada ruang tunggu yang disiapkan untuk sasaran.

Baca Juga: Penderita Hipertensi Belum Layak Divaksin COVID-19, Ini Daftarnya

2. Sasaran akan melakukan pendaftaran di meja satu

Alur Vaksinasi COVID-19 yang Perlu Diketahui Masyarakat TabananMeja 1 tahap pendaftaran (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Sasaran akan dipanggil sesuai nomor antrean dan langsung menuju meja satu. Di sini, mereka akan melakukan pendaftaran sesuai Nomor Induk Kependudukan (NIK) atau e-tiket dari registrasi melalui Short Message Service (SMS), untuk pencocokan data.

Baca Juga: Penerima Vaksinasi Harus Menjawab 16 Pertanyaan Tentang Komorbid

3. Sasaran diarahkan menuju ke meja dua, dan diminta untuk menjawab 13 pertanyaan

Alur Vaksinasi COVID-19 yang Perlu Diketahui Masyarakat TabananMeja dua screening kesehatan (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Jika datanya sesuai, sasaran akan diarahkan ke meja dua. Di sini, mereka menjalani screening kesehatannya dengan menjawab 13 pertanyaan. Nantinya sistem yang akan menerima jawaban tersebut dan memutuskan apakah sasaran patut atau tidak untuk mendapatkan vaksinasi.

Kalau tidak patut, maka sasaran akan menerima Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) dan akan mendapatkan ketentuan jadwal vaksinasi yang baru. Jika memenuhi syarat, maka bisa lanjut ke tahap berikutnya.

4. Sasaran akan menjalani vaksinasi di meja tiga

Alur Vaksinasi COVID-19 yang Perlu Diketahui Masyarakat TabananProses vaksinasi di meja tiga (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Sasaran akan menjalani vaksinasi COVID-19 di meja tiga, di mana pelaksananya adalah vaksinator yang telah menjalani pelatihan. Petugas akan mencatat status pemberian vaksinasi baik secara dosis yang diberikan, tanggal pemberian, nomor batch, dan jadwal tanggal vaksinasi kedua.

5. Di meja empat, sasaran vaksinasi menjalani observasi

Alur Vaksinasi COVID-19 yang Perlu Diketahui Masyarakat TabananMeja 4 tahap observasi (IDN Times/Wira Sanjiwani)

Setelah vaksinasi, sasaran akan diarahkan ke meja empat, yang merupakan ruang observasi. Mereka akan menunggu selama 30 menit di sana, untuk memastikan adanya kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI). Jika tidak ada gejala selama rentang waktu tersebut, maka sasaran diperbolehkan pulang. tetapi apabila muncul gejala KIPI, maka akan ditangani sesuai dengan gejala yang timbul.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya