ABK Tenggelam di Pantai Soka Tabanan

Pencarian selama tiga hari belum menuai hasil

Tabanan, IDN Times - Seorang anak buah kapal (ABK) atas nama Ali Syaifuloh (30)  tenggelam saat melaut di perairan Pantai Soka, Desa Antap, Kecamatan Selemadeg, Kabupaten Tabanan pada Selasa (6/2/2024). Korban jatuh ke dalam laut ketika sedang menebar jaring ikan.

Tim gabungan yang terdiri dari Basarnas Bali, Polsek Selemadeg, Pol Airud Polres Tabanan, BPBD Tabanan, Buana Bali Rescue, Tagana Selemadeg Tabanan, RAPI Selemadeg hingga kelompok Nelayan Mina Segara Pantai Soka turun mencari korban. Namun, selama tiga hari pencarian atau hingga Jumat (9/2/2023), korban masih belum ditemukan.

Baca Juga: Tak Ada TPS di Tabanan yang Masuk Kategori Rawan Bencana

1. Ali jatuh ke dalam laut saat menebar jaring ikan

ABK Tenggelam di Pantai Soka Tabananilustrasi tenggelam (unsplash.com/Mishal Ibrahim)

Dari informasi Polsek Selemadeg, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 23.30 Wita. Saat itu, korban Ali yang merupakan ABK kapal Riski Mubarok, tengah menangkap ikan dengan ABK lainnya.

Kapal Riski Mubarok tersebut bergerak dari dari Pelabuhan Pengambengan Negara Jembrana sekitar pukul 16.00 Wita. 
Sesampainya di Perairan Soka sekitar pukul 23.30 Wita, korban bersama rekannya bermaksud menurunkan jaring untuk menangkap ikan. Tiba-tiba saja korban yang tinggal di Banjar Balian, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana ini jatuh ke dalam air dimana ia langsung tenggelam dan hilang.

2. Pencarian hari ketiga, korban belum berhasil ditemukan

ABK Tenggelam di Pantai Soka TabananPencarian ABK hilang tenggelam di Pantai Soka Tabanan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Kapolsek Selemadeg Kompol I Nyoman Sugianyar Andika mengatakan, setelah laporan mengenai korban tenggelam ini diterima, personel Polsek Selemadeg langsung menuju lokasi kejadian. 

Pencarian dengan melibatkan tim gabungan langsung menyisir Pantai Soka menggunakan Rubber Boat/RIB 01 Gilimanuk dan Pesawat Doren Thermal milik Basarnas Denpasar. Namun hingga pencarian hari ke tiga yaitu pada Jumat (9/2/2024), korban masih  belum ditemukan.

3. Pencarian akan dilanjutkan Sabtu (10/2/2024)

ABK Tenggelam di Pantai Soka TabananPencarian ABK hilang tenggela di Pantai Soka Tabanan (Dok.IDNTimes/Istimewa)

Andika melanjutkan saat pencarian hari ketiga, petugas menyisir pantai dengan berjalan kaki dengan rute diperluas, yaitu untuk pagi hari dari pukul 09.00 Wita hingga 12.00 Wita dilaksanakan ke arah Barat dari Pantai Soka menuju Pantai Selabih Kecamatan Selemadeg Barat dengan jarak kurang lebih 10 kilometer.

Sedangkan untuk sore hari dimulai pukul 14.00 Wita hingga 16.00 Wita dilaksanakan ke arah Timur menuju Pantai Antap Kecamatan Selemadeg dengan jarak kurang lebih 4 kilometer.

"Sampai pukul 16.30 Wita korban belum ditemukan. Pencarian akan dilanjutkan Sabtu (10/2/2024) dimulai pukul 08.00 Wita," ujar Andika, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga: Layanan Farmasi RSUD Tabanan Lama, Ada Migrasi ke Sistem Digital

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya