2 Pasangan Bacalon Tabanan Lolos Tes Kesehatan

Menyusul proses perbaikan persyaratan calon

Tabanan, IDN Times - Dua pasangan bakal calon (bacalon) Bupati Tabanan dan Wakil Tabanan yang akan maju dalam Pilkada Tabanan 2024 dinyatakan lolos usai pemeriksaan kesehatan. 

Mereka adalah Komang Gede Sanjaya - I Made Dirga yang diusung PDIP dan Nyoman Mulyadi-Nyoman Ardika yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus. 

Sebelumnya, mereka menjalani tes kesehatan di RSUD Bali Mandara Denpasar pada Jumat (30/8/2024) dan Sabtu (31/8/2024). Hasil tes kesehatan diserahkan oleh KPU Tabanan kepada masing-masing LO atau liaison officer masing-masing pasangan bacalon pada Kamis (5/9/2024).

Baca Juga: Dua Paslon Tabanan Tes Kesehatan, Hasil Diumumkan September

Baca Juga: Kekurangan Murid, 6 SD di Tabanan Digabungkan

1. Secara umum, pasangan bacalon memenuhi syarat tes kesehatan dan bebas narkoba

2 Pasangan Bacalon Tabanan Lolos Tes KesehatanPenyerahan tes hasil kesehatan pasangan bacalon di KPU Tabanan (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Komisioner Komisi Pemilhan Umum (KPU) Tabanan Divisi Penyelenggara Pemilu, Ni Komang Yuni Lestari mengungkap, pihaknya menerima hasil pemeriksaan kesehatan kedua pasangan bacalon itu pada pada Rabu (4/9/2024).

"Hasilnya mereka mampu secara jasmani dan rohani untuk mengikuti Pilkada 2024 dan juga tidak terindikasi penyalahgunaan narkoba," kata Yuni, Kamis (5/9/2024).

Hasil itu, kata dia, juga sudah diunggah ke aplikasi Silonkada, sebelum kemudian diberikan ke masing-masing LO pasangan bacalon. 

2. KPU Tabanan lakukan perbaikan persyaratan pasangan bacalon

2 Pasangan Bacalon Tabanan Lolos Tes KesehatanPenyerahan tes hasil kesehatan pasangan bacalon di KPU Tabanan (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Yuni memaparkan setelah menyerahkan hasil tes kesehatan, tahapan berikutnya yang akan dilakukan KPU Tabanan adalah perbaikan persyaratan pasangan bacalon yang  akan dilaksanakan mulai 6-8 September 2024.

Ssecara umum, menurut dia, persyaratan yang diberikan tim setiap pasangan bacalon pada saat pendaftaran itu, sudah lengkap. Meski demikian, nantinya tetap akan ada tahapan perbaikan persyaratan.

"Masing-masing pasangan bacalon akan kembali mengecek maupun mengunggah data perbaikan di Silonkada sembari mengonsulkan kepada KPU Tabanan mengenai apa yang perlu diperbaiki," jelas Yuni.

Perbaikan persyaratan masing-masing pasangan bacalon itu dilaksanakan 6-8 September 2024.

3. Bawaslu Tabanan lakukan pengawasan melekat

2 Pasangan Bacalon Tabanan Lolos Tes KesehatanPenyerahan tes hasil kesehatan pasangan bacalon di KPU Tabanan (IDNTimes/Wira Sanjiwani)

Sementara itu perwakilan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Tabanan, Made Winarya, menambahkan pihaknya selalu mengawasi semua tahap-tahapan dan proses terkait Pilkada 2024, termasuk penyerahan hasil tes kesehatan.

"Kami selalu melakukan pengawasan melekat dan seperti saat ini juga dilakukan pengawasan sehingga tidak ada yang terlewat," ujarnya.

Pihaknya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi mengawasi berlangsungnya tahapan Pilkada 2024.

Baca Juga: Sanjaya-Dirga Mendaftar ke KPU Tabanan Diantar 20 Ribu Orang

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya