Comscore Tracker

Antisipasi Kepadatan Pemudik, PT ASDP Tambah Loket di Ketapang-Gilimanuk

Semoga tidak terlalu lama ya antreannya

Banyuwangi, IDN Times - PT ASDP Indonesia Ferry Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk telah menambah jumlah loket tiket bagi pemudik. General Manager PT ASDP Ketapang, Fahmi Alweni, menjelaskan, pihaknya telah menyiapkan 10 loket di Pelabuhan Ketapang, sementara di pelabuhan Gilimanuk telah tersedia 11 loket baru.

1. Mempercepat proses pembelian tiket dan manifest

Antisipasi Kepadatan Pemudik, PT ASDP Tambah Loket di Ketapang-GilimanukIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Penambahan loket ini, kata Fahmi, untuk mempercepat proses pembelian tiket dan pengisian draft manifest penumpang, yang berisi identitas diri dan kendaraan penumpang. Di Pelabuhan Ketapang sendiri tampak tiga buah loket masih dalam tahap penyelesaian, dan ditargetkan selesai dan siap beroperasi dua hari kemudian.

"Untuk di Pelabuhan Ketapang sendiri kami tuntaskan 2 atau 3 hari ke depan sudah berjalan. Memang kami prioritaskan di Gilimanuk dahulu karena di H min puncak mudik dari seberang (Gilimanuk) ke sini (Ketapang)," ujarnya, Rabu (29/5) lalu.

2. Telah dilakukan uji coba

Antisipasi Kepadatan Pemudik, PT ASDP Tambah Loket di Ketapang-GilimanukIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Sementara loket di Pelabuhan Gilimanuk yang terpantau lebih padat pada momen arus mudik, telah disiapkan 11 loket dan sudah dilakukan uji coba.

"Di Gilimanuk kami sudah lakukan ramp cek dan uji coba sistem IT di loket-loket itu sudah selesai. Sudah berjalan dengan baik," terangnya.

3. Mulai terjadi kenaikan jumlah penumpang

Antisipasi Kepadatan Pemudik, PT ASDP Tambah Loket di Ketapang-GilimanukIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Sejak H-7, arus mudik sudah mulai mengalami peningkatan penyeberangan. Terutama dari arah Pelabuhan Gilimanuk ke Jawa. Kenaikan jumlah penyeberang dari Gilimanuk ke Banyuwangi terjadi pada kendaraan roda 2, roda 4, bus dan kendaraan pribadi.

"Dari Gilimanuk ke Ketapang sekarang sudah mulai terasa (Naik), dari roda 2, kemudian roda 4 pribadi. Bahkan bus juga sudah cukup mulai mengalir. Peningkatan masih rendah sekitar 1 sampai 2 persen," jelasnya.

Baca Juga: 15 Posko Kesehatan Disiagakan di Jalur Mudik Pulau Bali

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya