Wisatawan Akan Dibatasi Masuk ke Pura Besakih

Siapa yang udah pernah ke Pura Besakih di Bali?

Karangasem, IDN Times - Pura Besakih merupakan pusatnya pura yang ada di Bali. Letaknya berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Karangasem, tepat di kaki Gunung Agung. Maka tak salah bila pura terbesar di Bali ini juga sering dikunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Namun Pemerintah Provinsi Bali akan membatasi akses wisatawan untuk memasuki pura yang masuk dalam daftar pengusulan Situs Warisan Dunia, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sejak tahun 1995 ini.

1. Disediakan tempat khusus untuk melihat suasana pura

Wisatawan Akan Dibatasi Masuk ke Pura Besakihpixabay.com/MariaHZ

Sebagai pusat persembahyangan seluruh umat Hindu di Bali, kebijakan ini akan diambil untuk menjaga kesucian dan kesakralannya.

"Nantinya akan dibuatkan tempat khusus bagi wisatawan untuk bisa melihat-lihat suasana pura dari sejumlah titik. Hal ini biar wisatawan tidak sembarangan masuk ke areal tempat suci," kata Gubernur Bali, I Wayan Koster, dilansir dari Antara, Selasa (1/1).

Kebijakan merupakan bagian dari program di bidang infrastruktur yang akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bali pada tahun 2019.

"Pura merupakan tempat yang sakral. Jangan sampai didegradasi terus oleh wisatawan bebas masuk ke Pura Besakih," ujarnya.

Baca Juga: Tradisi Unik di Bali, Perang Air Suwat Untuk Melawan Energi Buruk

2. Bakalan memiliki tempat seperti gedung bioskop

Wisatawan Akan Dibatasi Masuk ke Pura BesakihDok.IDN Times/Istimewa

Program ini tak sebatas membuat tempat khusus para wisatawan untuk melihat suasana pura saja. Nanti juga akan dibuatkan sarana dan prasarana lain seperti taman, tempat parkir, tempat penjaja makanan, hingga tempat semacam gedung bioskop untuk menampilkan sejarah maupun ritual di Pura Besakih.

Setelah melihat rekaman sejarah dan ritual, wisatawan akan diajak untuk melihat keadaan fisik Pura Besakih, termasuk Sad Kahyangan.

3. Akses jalannya juga akan ditata

Wisatawan Akan Dibatasi Masuk ke Pura BesakihIDN Times/Diantari Putri

Akses jalan nasional, provinsi hingga kabupaten ke Pura Besakih juga akan ditata. Nanti soal penataannya akan dibicarakan dengan berbagai pihak terkait. Nah, menurutmu pendapatmu gimana nih? Setuju gak dengan kebijakan Gubernur Bali tersebut? Sharing pendapatmu di kolom komentar ya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya