4 WNA Rusia Rampok Money Changer di Kuta, Satu Pelaku Tewas Ditembak

Ada aksi perkelahian saat menangkap para pelaku ini

Denpasar, IDN Times - Kasus perampokan yang terjadi di money changer BMC PT Bali Maspintjindra di Jalan Pratama, Nomor 36 XY, Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, menemukan titik terang. Pelakunya berhasil ditangkap. Mereka terdiri dari empat orang Warga Negara Asing (WNA) asal Rusia. Satu orang masih dalam pengejaran dan satu orang lagi tewas ditembak saat melakukan pengejaran.

1. Seorang pelaku tewas ditembak dalam pengejaran dan satu pelaku lagi berhasil melarikan diri

4 WNA Rusia Rampok Money Changer di Kuta, Satu Pelaku Tewas DitembakIDN Times/Imam Rosidin

Kapolresta Denpasar, Kombes Ruddi Setiawan, mengatakan tim Polresta bersama Satuan Petugas Counter Transnational and Organized Crime (Satgas CTOC) menangkap hidup-hidup dua dari empat pelaku. Satu pelaku ditembak mati dan satunya lagi masih dalam pengejaran.

"Kami membentuk tim setelah adanya kejadian tersebut dan kita langsung mendatangi TKP (Tempat Kejadian Perkara) di Jalan Pratama yang mana kejadiannya sekitar pukul 00.15 Wita," katanya di Denpasar, Rabu (20/3) sore.

2. Para pelaku masuk lewat pintu belakang

4 WNA Rusia Rampok Money Changer di Kuta, Satu Pelaku Tewas DitembakIDN Times/Imam Rosidin

Ia menjelaskan, kasus itu terjadi pukul 00.15 Wita. Saat itu sekuriti money changer mendengar pintu belakang kantornya diketuk oleh seseorang. Setelah dibuka, ia langsung dipukul dan dibekap oleh para pelaku. Saat menjalankan aksinya, semua pelaku menggunakan tutup kepala.

"Sekuriti dari perusahaan tersebut dipukul dan dibekap masuk pintu belakang dengan cara diketok. kemudian dibukakan, masuk lalu dipukul. Setelah itu, mereka mengambil brangkas dan dibawa kabur," ungkapnya.

3. Dikejar di dekat kampus Unud

4 WNA Rusia Rampok Money Changer di Kuta, Satu Pelaku Tewas DitembakIDN Times/Imam Rosidin

Mendapat laporan tersebut, petugas langsung melakukan penyelidikan. Hasilnya, diketahui dua pelaku mengendarai mobil di sebuah lokasi dekat Kampus Universitas Udayana, Jimbaran. Mereka adalah Alexei Korotkikh dan Georgil Zhukov.

"Akhirnya kasus tersebut kita berhasil mengungkap di mana tersangka bisa kita tangkap di daerah kampus Unud. Di mana tim mendapat informasi, pengendara atau tersangka menggunakan mobil warma putih," lanjutnya.

4. Saat ditangkap, para pelaku melawan petugas sambil membawa senjata tajam

4 WNA Rusia Rampok Money Changer di Kuta, Satu Pelaku Tewas DitembakIDN Times/Imam Rosidin

Petugas lantas mendekati kedua orang tersebut. Pada saat didekati dan hendak ditangkap, mereka berkelahi dengan tersangka yang membawa senjata tajam. Karena situasi dianggap membahayakan, petugas melepas tembakan peringatan. Namun dihiraukan sehingga tersangka yang bernama Alexei Korotkhi ditembak hingga meninggal.

"Kami lawan dengan tangan kosong karena situasi membahayakan. Akhirnya anggota yang bersenjata melakukan tembakan," katanya.

Saat kasus ini dikembangkan, petugas menemukan lokasi kos-kosan pelaku lainnya di daerah Kedonganan, Badung. Di daerah tersebut, petugas kembali mengamankan seorang pelaku lain bernama Robert Haupt. Ketika digeledah, petugas menemukan sejumlah uang Rupiah dan 13 mata uang asing di atas plafon.

Baca Juga: Mengenal Kejahatan Skimming dan Tips Menghindarinya

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya