5 WNA Bulgaria Lakukan Skimming di Bali, Ambil Uang di ATM Pakai Wig

Kalau mau ambil uang ATM di Bali jangan di tempat sepi ya

Denpasar, IDN Times - Kasus pencurian data nasabah bank atau skimming kembali terjadi di Bali. Kali ini pelakunya adalah lima warga negara asing (WNA) asal Bulgaria yang beroperasi secara berjaringan.

Waduh, jangan-jangan kamu jadi korbannya! Coba cek uangmu dulu.

1. Ada transaksi mencurigakan di bank dari bulan Desember 2018

5 WNA Bulgaria Lakukan Skimming di Bali, Ambil Uang di ATM Pakai WigIDN Times/Imam Rosidin

Direktur Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah (Polda) Bali, Kombes Andi Fairan, mengatakan kasus ini terungkap setelah pihaknya menerima laporan dari pegawai Bank Mandiri. Saat itu, Bank Mandiri curiga ada transaksi yang mencurigakan di ATM-nya. Rentang kejadiannya yakni dari tanggal 28 Desember 2018 hingga 3 Februari 2019.

"Pengungkapan kasus ini cukup rumit karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Kita mendapatkan informasi, pihak bank curiga ada pengambilan uang yang tidak wajar," katanya di Mapolda Bali, Kamis (7/2) siang.

3. Pengambil uang menggunakan wig hingga penutup wajah

5 WNA Bulgaria Lakukan Skimming di Bali, Ambil Uang di ATM Pakai WigIDN Times/Imam Rosidin

Ketidakwajaran tersebut karena pengambil uang menggunakan wig, topi, dan penutup wajah saat masuk ke ATM. Hal inilah yang membuat Ditreskrimum melakukan pengembangan.

"Butuh waktu lima hari untuk mengetahui pelaku siapa yang mengambil uang secara ilegal di ATM," ungkapnya.

Pelaku tersebut di antaranya Ivailov Filipov Trivonov (43) masuk ke Bali pada Oktober 2018, George Jordanov (45) Januari 2019, Todor Krisomorov Dobrev (22) asal Bulgaria masuk ke Bali Agustus 2018, Andrey Iliev (42) masuk Desember 2018, dan Varadin Nikolaev (28) yang datang ke Bali Maret 2018.

Selain itu, ada satu tersangka lain yang hingga kini masih buron. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk melakukan pengejaran.

3. Ada senjata tajam saat petugas melakukan pengejaran

5 WNA Bulgaria Lakukan Skimming di Bali, Ambil Uang di ATM Pakai WigIDN Times/Imam Rosidin

Pengungkapan kasus ini bisa berhasil setelah petugas mengetahui nomor kendaraan yang mereka gunakan. Setelah itu pada hari Minggu (3/2) sekitar pukul 05.00 Wita, petugas berhasil mengejar mobil yang dikendarai oleh pelaku di Jalan Tirta Gangga, Uluwatu, Badung.

Proses penangkapannya juga terbilang sulit. Sebab para pelaku yang berjumlah lima tersebut melakukan perlawanan. Bahkan di dalam mobil ditemukan senjata tajam berupa dua bilah pisau. Petugas juga sempat melepaskan tembakan untuk menghentikan laju mobil yang hendak kabur.

Akhirnya lima pelaku ini menyerah dan petugas langsung menangkapnya. Pihak kepolisian mengamankan uang tunai sebesar Rp788 juta hasil pengambilan uang oleh tersangka. Selain itu, petugas juga mengamankan peralatan skimming, kartu untuk mengambil uang sebanyak 3 ribu lembar, laptop, dan peralatan lainnya.

4. Korbannya adalah WNA

5 WNA Bulgaria Lakukan Skimming di Bali, Ambil Uang di ATM Pakai WigIDN Times/Imam Rosidin

Kombes Andi menjelaskan, seluruh korban atau nasabah yang diambil datanya merupakan warga negara asing (WNA). Caranya, pelaku memasang alat skimmer di ATM yang terbilang sepi dan tak ada penjaganya. Mereka juga memasang kamera tersembunyi di kanopi ATM.

Setelah itu, data dari nasabah otomatis akan berpindah ke peralatan pelaku. Data-data yang sudah dikumpulkan itu dipindahkan ke kartu ATM putih milik tersangka. Selanjutnya, para pelaku mengambil uang dengan ATM palsu tersebut.

Lebih jauh, Kombes Andi mengatakan selama ini warga Bulgaria sering melakukan kejahatan jenis ini. Mereka biasanya datang ke Bali untuk melakukan aksinya. Setelah berhasil, mereka kembali ke negaranya, dan datang lagi pelaku dengan jaringan yang sama.

"Pencegahan sulit karena mereka datang dengan status sebagai wisatawan," ungkapnya.

5. Daftar lokasi skimming yang dilakukan jaringan Bulgaria

5 WNA Bulgaria Lakukan Skimming di Bali, Ambil Uang di ATM Pakai WigPixabay.com/jarmoluk

Inilah lokasi-lokasi skimming yang dilakukan para jaringan Bulgaria tersebut. Di antaranya:

  • ATM Bank Mandiri Labuan Sait, Badung
  • ATM Mandiri Teras Ayung, Denpasar
  • ATM Mandiri Padangbai, Karangasem
  • ATM Mandiri SPBU Jalan Imam Bonjol, Denpasar
  • ATM Mandiri Batubolong, Canggu, Badung.

6. Tips menghindari skimming

5 WNA Bulgaria Lakukan Skimming di Bali, Ambil Uang di ATM Pakai WigPixabay.com/mrganso

Ia lantas memberi tips bagaimana mengambil uang yang aman dan bebas dari skimming. Jadi, saat ambil uang carilah ATM yang ada pengamannya atau security. Selain itu, ambil uang di tempat keramaian atau minimarket karena pelaku tak mungkin bisa memasangnya. Terakhir, tutuplah dengan tangan saat memencet nomer pin ATM.

Baca Juga: Bule Penampar Imigrasi Denpasar Divonis 6 Bulan, Taqaddas: Tidak Adil

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya