Turis India Curi Barang Vila di Bali, dari Hanger Sampai Hair Dryer

Tapi gak diproses secara hukum

Gianyar, IDN Times - Turis asal India diketahui melakukan pencurian di tempat penginapannya, vila Royal Purnama, Jalan Pantai Purnama Sukawati, Gianyar, Sabtu (27/7). Ia menginap selama tiga hari di sana. Aksinya tersebar melalui video saat menggeledah tas milik turis-turis lain. Videonya lantas viral di sejumlah media sosial lokal Bali.

1. Petugas vila menemukan barang di kamar hilang saat bersih-bersih

Turis India Curi Barang Vila di Bali, dari Hanger Sampai Hair DryerDok.IDN Times/Istimewa

Dari informasi yang dihimpun, turis India berjumlah sembilan orang menginap di vila tersebut, pada Selasa (23/7). Mereka ditempatkan di kamar vila ruang anggrek 121. Mereka kemudian check out pada Jumat (26/7).

Setelah para tamu ini membereskan barang-barangnya, petugas vila berniat membersihkan kamar. Namun petugas kaget karena banyak barang di kamar yang hilang. Petugas lantas melaporkannya ke pihak keamanan.

2. Manajer vila melihat seorang turis membuang barang ke luar tembok

Turis India Curi Barang Vila di Bali, dari Hanger Sampai Hair DryerDok.IDN Times/Istimewa

Oleh pihak keamanan, para turis tersebut dicegat dan ditanya satu per satu. Mereka tak mengakuinya dan terus mengelak. Sebelumnya Manager House Keeping bernama I Wayan Septiana Wardika, memergoki turis India tersebut membuang barang-barangnya ke luar tembok.

3. Ketahuan setelah barang-barang mereka digeledah

Turis India Curi Barang Vila di Bali, dari Hanger Sampai Hair DryerDok.IDN Times/Istimewa

Mengetahui itu, pihak vila memutuskan untuk menggeledah barang bawaan para turis. Setelah diperiksa dan dikeluarkan satu per satu, benar ada banyak barang vila yang dimasukkan ke dalam koper. Proses penggeledahan tersebut kemudian divideokan sehingga viral di sejumlah media sosial.

Karena sudah ketahuan, para turis India yang curi barang vila ini meminta maaf dan mengembalikan barang-barang tersebut. Juga diminta untuk mengganti barang-barang yang dibuang senilai Rp5 juta.

4. Berikut ini barang-barang yang dicuri:

Turis India Curi Barang Vila di Bali, dari Hanger Sampai Hair Dryersafedepositfederation.com

Kejadian tersebut dibenarkan oleh Kasubag Humas Polres Gianyar, Iptu I Ketut Suarnatha. Kasus tersebut tak berlanjut ke pihak kepolisian karena telah diselesaikan secara kekeluargaan.

"Telah diselesaikan secara kekeluargaan baik dari pihak hotel maupun pihak tamu," ujar dia, Minggu (28/7).

Suarnata merinci, barang yang diambil dan dikembalikan oleh tamu tersebut di antaranya satu buah speaker merek JBL, satu buah hair dryer, satu set copala shower, dua buah placemat (Tatakan piring), satu buah pisau makan, dua buah copala tea (Tempat teh), satu buah rotan kotak tisu toilet, dan satu buah rotan amenities.

Sementara itu barang yang belum ditemukan dan diganti rugi (Dibayar) sebesar Rp5 juta. Barang yang hilang tersebut di antaranya tiga yukata, satu bath rob, dua buah copala hand wash, dua buah copala body lotion.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya