Ulah Turis Australia di Kuta, Tak Bayar Makan dan Kencing di Pertokoan

Satpol PP sampai keheranan melihat turis asing sekarang

Badung, IDN Times - Pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung dibuat geleng-geleng melihat tingkah turis asing yang ada di wilayahnya. Terbaru, pria asal Australia bernama Rick O'Miara (26), kabur karena tak membayar di sebuah warung makan sekitar Kuta, Badung, pada Kamis (29/8) pukul 10.00 Wita. Gimana ceritanya?

1. Turis asing ini sempat viral karena terekam kencing di sebuah pertokoan daerah Kuta

Ulah Turis Australia di Kuta, Tak Bayar Makan dan Kencing di Pertokoanparkplace.ca

Kasatpol PP Badung, I Gusti Agung Kerta Suryanegara, mengatakan turis asing ini sempat viral di sejumlah media sosial lokal Bali, Selasa (27/8) lalu. Saat itu ia terbaring di depan pertokoan Jalan Bypass Ngurah Rai, Kuta, namun sambil buang air kecil.

"Ternyata bule yang ngencingi toko kemarin niki (Ini). Ini dia orangnya yang diinfokan," kata Agung Kerta, Kamis (28/8) sore.

Baca Juga: Turis Asing Ngamuk di Ubud, Ancam Warga Pakai Batang Kayu

2. Satpol PP berhasil mengamankan setelah ada kabar ia tidak membayar usai makan di warung

Ulah Turis Australia di Kuta, Tak Bayar Makan dan Kencing di PertokoanIDN TImes/Reza Iqbal

Setelah viral, pihak Satpol PP melacaknya namun kehilangan jejak karena minim informasi. Pada hari Kamis (329/8), turis tersebut diamankan karena tak bayar makan. Ia ditangkap oleh petugas Jagabaya atau semacam petugas keamanan desa di Kuta. Pasalnya, usai makan ia langsung pergi tanpa membayar.

"Ini makan di warung makan habis itu jalan begitu saja, kemudian diteriakin oleh pedagangnya. Kemudian ada Jagabaya di desa adat diteriakin dan ditangkap," ungkapnya.

3. Selama dua jam ia tidak berbicara apapun ketika ditanyakan soal paspor

Ulah Turis Australia di Kuta, Tak Bayar Makan dan Kencing di PertokoanFoto hanya ilustrasi. (nypost.com)

Ia dibawa ke Kepolisian Sektor (Polsek) Kuta dan selanjutnya dikoordinasikan dengan pihak Imigrasi. Selama diamankan, pria ini hampir dua jam tidak bicara, sehingga membuat petugas kebingungan karena tak ada identitas apapun. Dua jam berlalu, barulah ia berbicara dan mengatakan paspornya berada di hotel.

"Selama dua jam tak ada ngomong apa. Tadi setelah dua jam ditungguin sama Imigrasi juga. Dan sadar dan bilang paspornya ketinggalan," ujarnya.

4. Kasatpol PP menduga paspor turis ini ditahan pihak hotel karena belum membayar

Ulah Turis Australia di Kuta, Tak Bayar Makan dan Kencing di PertokoanPexels.com/Francesco Ungaro

Suryanegara juga menduga pria ini tak membayar hotel tempatnya menginap. Sehingga paspornya juga sempat ditahan. Kini penanganannya diserahkan kepada pihak Imigrasi dan akan dikoordinasikan dengan Kedutaan Australia.

"Kemungkinan ini paspornya ditahan pihak hotel karena tak bayar. Makan tak bayar juga," terangnya.

5. Kasatpol PP mengaku stres melihat ulah turis asing akhir-akhir ini

Ulah Turis Australia di Kuta, Tak Bayar Makan dan Kencing di PertokoanIDN Times/Imam Rosidin

Agung Kerta mengaku dibuat bingung atas ulah turis asing akhir-akhir ini. Ia mengarakan hampir setiap minggu ada saja turis asing bermasalah. Mulai dari pura-pura mabuk, stres, gepeng, dan mengemis.

"Saya rasa pasti itu karena apa bule datang itu juga bermodal tiket aja. Ke sini dia tidak jelas ada yng ngemis ada yang gepeng dan pura-pura mabuk," katanya keheranan.

Ia berharap ke depan, penerimaan wisatawan ke Bali lebih selektif lagi. Harus dipastikan lagi berapa jumlah uang yang dibawanya agar tidak menimbulkan masalah. Menurutnya jangan mengejar kuantitas tapi melupakan kualitas.

'Kita kak tidak menyalahkan bebas visa tapi kan seleksi orang. Seperti itu. Kita aja keluar negeri uang dan menginap di mana modal-modal ditanyain. Jangan mengejar jumlah kualitas gak ada. Ini kita kebingungan kita ikut stres yang menangani begini-begini," keluhnya.

Baca Juga: Dinilai Tak Beretika, Regulasi Khusus Turis Asing di Bali Akan Dibuat

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya