Tim BPD Minta Bawaslu Usut Kampanye Gubernur Bali di Lapangan Renon

Tim BPD Bali mengaku mengantongi bukti video

Denpasar, IDN Times - Baru-baru ini Gubernur Bali, I Wayan Koster, melakukan kampanye di sela-sela acara Milenial Road Safety Festival yang diadakan oleh Kepolisian Daerah, Minggu (17/2). Di hadapan ribuan pengunjung, ia mengajak untuk memilih Joko Widodo dalam Pemilu 2019 tanggal 17 April mendatang.

Untuk itu, Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno Provinsi Bali mendatangi kantor Bawaslu untuk menanyakan kampanye tersebut.

1. "Ini dugaan dalam video jelas ada ajakan kepada masyarakat untuk memilih satu paslon"

Tim BPD Minta Bawaslu Usut Kampanye Gubernur Bali di Lapangan RenonIDN Times/Imam Rosidin

Direktur Relawan Badan Pemenangan Daerah (BPD) Provinsi Bali Prabowo-Sandi, Fabian Cornelliis, mengatakan kedatangannya ke Bawaslu untuk menanyakan soal ajakan Koster di acara Polda Bali. Setelah itu pihaknya akan mengajukan laporan resmi sore ini.

"Ini dugaan dalam video jelas ada ajakan kepada masyarakat untuk memilih satu paslon, dan terkait gunakan jabatan publik sebagai kapasitas gubernur, bukan ketua partai," katanya, Senin (18/2) siang.

Baca Juga: Bawaslu: Pejabat Negara Dilarang Kampanye Pakai Fasilitas Pemerintahan

2. Pihaknya baru menyusun laporan secara kasar

Tim BPD Minta Bawaslu Usut Kampanye Gubernur Bali di Lapangan RenonFacebook.com/PemerintahanProvinsiBali

Saat ini pihaknya baru menyusun laporan secara kasar. Laporan itu nantinya akan dirapikan lagi untuk dibuatkan laporan resmi sebagai alat bukti. Menurutnya, undang-undang sudah mengatur bahwa video bisa dijadikan sebagai bukti petunjuk. Sementara untuk saksinya, ia menyerahkan kepada bawaslu sebagai orang yang memiliki kewenangan tersebut.

"Saksi bahwa kewenangan bawaslu untuk cari saksi dalam investigasi lanjutan karena kami juga gak ada di lokasi saat itu. Tentunya Bawaslu punya kewenangan untuk mempertanyakan itu kepada penyelenggara Polda Bali," ucapnya.

3. Tim BPD Bali akan bersurat juga kepada Polda Bali

Tim BPD Minta Bawaslu Usut Kampanye Gubernur Bali di Lapangan RenonFacebook.com/PemerintahanProvinsiBali

Selain itu pihaknya akan mengajukan surat resmi kepada Polda Bali untuk menanyakan perihal itu dan meminta tanggapannya.

Ia berharap ada keadilan dari penindakan bawaslu terkait penemuan tersebut. Apakah hal tersebut masuk dalam pelanggaran administrasi atau pidana Pemilu.

"Kita minta ketegasan dari Bawaslu untuk investigasi," jelasnya.

Baca Juga: Inilah Aturan Memasang Bendera Parpol di Rumah Tetangga

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya