Mau Sembahyang? Nelayan di Serangan Siapkan 10 Jukung ke Pura Sakenan

Selamat hari raya Kuningan ya

Denpasar, IDN Times - Pulau Serangan dulunya adalah sebuah kelurahan di Kecamatan Denpasar yang terpisah dari Pulau Bali. Setiap kali mau upacara atau persembahyangan ke Pura Sakenan di Serangan, para pemedek harus menyeberangi laut dengan menaiki jukung (Perahu kecil) terlebih dahulu.

Namun pada tahun 1996, proyek reklamasi membuat Serangan menyatu dengan Pulau Bali. Saat itulah warga Serangan tak lagi membutuhkan jukung atau perahu tradisional untuk menyeberang.

Tapi kini para nelayan di sana ingin mengembalikan memori tersebut. Mereka mau 'menghidupkan' kembali fungsi jukungnya untuk mengantar para pemedek ke Pura Sakenan.

1. Para nelayan menyiapkan 10 jukung

Mau Sembahyang? Nelayan di Serangan Siapkan 10 Jukung ke Pura SakenanInstagram.com/farrachman

Upacara Kuningan diadakan Pura Sakenan di Serangan, Sabtu (5/1). Kebanyakan masyarakat Denpasar memilih sembahyang atau nangkil di pura tersebut.

Untuk itu kelompok nelayan Pulau Serangan akan menyediakan 10 jukung bagi pemedek atau umat Hindu yang ingin sembahyang ke Pura Sakenan. Ini merupakan pertama kalinya mencetuskan ide tersebut sejak pulau Serangan tersambung dengan daratan utama.

"Sejak direklamasi memang perahu-perahu tradisional tak lagi beroperasi untuk menyeberangkan penduduk. Jadi nelayan fokus unuk mencari ikan," kata Wayan Budiarta, perwakilan kelompok Nelayan Taman Segara Sesetan, Jumat (4/1).

Baca Juga: Menguak Makna: Kenapa Harus Pasang Penjor & Potong Babi Tiap Galungan?

2. Ingin mengembalikan memori para pemedek di masa dulu

Mau Sembahyang? Nelayan di Serangan Siapkan 10 Jukung ke Pura SakenanInstagram.com/dyodejavu

Ia mengungkapkan ide ini tercetus supaya para pemedek bisa bernostalgia di masa-masa dulu, meski untuk menuju ke pura tersebut bisa diakses lewat jalur darat. Jadi bagi siapapun yang ingin merasakan sensasi, boleh tuh menggunakan perahu ini.

3. Tertarik mau mencobanya? Ini tarifnya

Mau Sembahyang? Nelayan di Serangan Siapkan 10 Jukung ke Pura SakenanIDN Times/Reza Iqbal

Bila kamu tertarik mencobanya, gak usah khawatir takut mahal ya. Sebab para nelayan membuka harga Rp10 ribu untuk sekali jalan. Nanti para pemedek akan diangkut dari Pamelisan, Suwung dan akan diantar menuju ke Pura Sakenan.

"Jadi awalnya kami dari nelayan menyiapkan armada bagi pemedek yang ingin naik jukung. Kami siapkan 10 kapal nelayan terlebih dahulu. Nanti jika banyak akan ditambah armadanya," katanya.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya