Tanggapi SM Bawa Anjing ke Masjid, Menag: Minimal Harus Tahu Sikap

Semoga masyarakat tidak terpancing emosi ya

Denpasar, IDN Times - Seorang perempuan berinisial SM (52) terekam video masuk ke dalam masjid dengan alas kaki, dan membawa seekor anjing. Video tersebut lantas viral dan mendapatkan tanggapan beragam dari masyarakat. Lalu apa tanggapan Menteri Agama, Lukman Hakim Syaifuddin, soal ini?

1. Berharap aparat bijak dalam menangani

Tanggapi SM Bawa Anjing ke Masjid, Menag: Minimal Harus Tahu SikapIDN Times/Screenshot

Lukman Hakim yang mengetahui kabar tersebut hanya berharap aparat penegak hukum bisa menyikapinya secara arif dan bijak. Masyarakat juga tidak perlu terpancing emosinya. Ia meminta masyarakat supaya menyerahkan semua permasalahan ini kepada pihak kepolisian.

"Jadi kita tak perlu terpancing emosi kita serahkan ke aparat penegak hukum untuk menyelesaikan persoalan ini dengan bijak," kata dia di Denpasar, Rabu (3/7) malam.

2. Masyarakat harus ambil hikmah dari kasus ini

Tanggapi SM Bawa Anjing ke Masjid, Menag: Minimal Harus Tahu Sikapdiscoverhongkong.com

Lukman mengatakan persoalan ini bisa diambil banyak hikmahnya. Misalnya, agar masyarakat minimal tahu bagaimana tata cara agama lain yang tidak mereka anut.

"Poin atau pelajaran yang bisa kita tangkap dari kejadian itu adalah bahwa setiap kita umat beragama harus mengetahui tata cara agama lain yang tidak kita anut," kata dia.

3. Minimal tahu bersikap di tempat ibadah

Tanggapi SM Bawa Anjing ke Masjid, Menag: Minimal Harus Tahu Sikappixabay.com/congerdesign

Minimal, masyarakat harus tahu bagaimana bersikap di tempat ibadah masing-masing agama. Pasalnya, ada rumah ibadah yang memperbolehkan menggunakan alas kaki dan ada yang tidak.

"Misalnya bagaimana memperlakukan rumah ibadah, apakah kita boleh menggunakan alas kaki atau tidak ketika memasuki rumah ibadah tertentu. Karena ada rumah ibadah dengan tetap alas kaki dan ada yang harus menanggalkannya," ungkapnya.

Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka di antara umat beragama tak ada yang merasa terlecehkan atau terhina karena ketidaktahuan.

Baca Juga: Bawa Anjing ke Dalam Masjid, Perempuan ini Diperiksa Kejiwaannya

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya