Proyek Reklamasi Benoa Berjalan 88 Persen, Pelindo: Kami Pelajari Dulu

Walhi juga meminta Gubernur Bali konsisten tolak reklamasi

Denpasar, IDN Times - Pihak PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III mengaku sudah menerima surat dari Gubernur Bali, I Wayan Koster, yang meminta untuk menghentikan proyek reklamasi Benoa seluas 83 hektare. Pihaknya mengaku akan mempelajari terlebih dahulu dan sesegera mungkin akan menemui Gubernur Koster.

1. Pelindo III sudah menerima surat dari Gubernur Bali dan akan mempelajari isinya

Proyek Reklamasi Benoa Berjalan 88 Persen, Pelindo: Kami Pelajari DuluFacebook.com/forbali13

Wilis Aji, Vice Presiden Corporate Comunication Pelindo III, mengaku menerima surat tersebut siang tadi (25/8). Namun pihaknya mengaku akan mempelajari isi surat tersebut sebelum memutuskan tindakan selanjutnya.

"Sudah baru saja siang ini. Saat ini kami akan mempelajari terkait isi surat tersebut," katanya saat dihubungi, Minggu (25/8) sore.

Baca Juga: Jokowi Ingin Teluk Benoa Tak Direklamasi

2. Pihak Pelindo III akan melakukan koordinasi dengan Gubernur Bali

Proyek Reklamasi Benoa Berjalan 88 Persen, Pelindo: Kami Pelajari DuluIDN Times/Margith Juita Damanik

Ia berujar, dalam waktu dekat akan menemui pihak Pemerintah Provinsi Bali terkait surat tersebut. Pelindo III berupaya akan memenuhi rekomendasi tersebut. 

"Kami akan melakukan koordinasi dengan Pemprov Bali dan kita akan berupaya untuk memenuhi rekomendasi Pemprov Bali," kata Wilis.

3. Proyek sudah berjalan 88,8 persen

Proyek Reklamasi Benoa Berjalan 88 Persen, Pelindo: Kami Pelajari DuluIDN Times/Irma Yudistirani

Ia menjelaskan, pengerjaan proyek tersebut sudah mencapai 88,8 persen. Aji menambahkan, proyek Pelindo III tersebut diperuntukkan mengembangkan pariwisata di Bali. Tujuannya untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat Bali akibat dari wisatawan yang masuk ke Bali melalui pelabuhan.

"Pelindo III juga siap bekerja sama bersama Pemprov Bali dan semua lapisan masyarakat Bali untuk menyesuaikan pembangunan di Benoa agar sesuai dengan harapan masyarakat Bali dan visi misi pemerintah daerah Bali," ujarnya.

4. Walhi Bali apresiasi langkah ini dan meminta Gubernur Koster tetap konsisten

Proyek Reklamasi Benoa Berjalan 88 Persen, Pelindo: Kami Pelajari DuluBerbagai Sumber

Sementara itu, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Bali saat dimintai tanggapannya, mengatakan mengapresiasi sikap Koster tersebut. Namun Walhi tetap meminta Gubernur Koster konsisten dengan sikapnya.

"Tapi kan yang terpenting dari surat itu adalah langkah selanjutnya konsistensi. Apakah Koster ini konsisten dalam meminta Pelindo untuk menghentikan reklamasi di Pelabuhan Benoa. Agar tidak terulang begini seperti yang kemarin itu bilang reklamasi Teluk Benoa sudah selesai dan nyatanya Susi (Menteri Susi Pudjiastuti) kelihatan mengeluarkan izin lokasi yang baru," kata Direktur Walhi Bali, Made Juli Untung Pratama, Minggu (25/8).

Baca Juga: Brahmantya Benarkan KKP Terbitkan Izin Lokasi Teluk Benoa Untuk TWBI

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya