Sasar Pemilih Pemula, KPU Badung: Buktikan Cintamu, Datang ke TPA

Putra putri asal Kuta Bali punya cara unik rayakan valentine

Badung, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Badung mencatat jumlah daftar pemilih tetapnya (DPT) mencapai 384.069 pemilih. Dari jumlah tersebut, pemilih pemula dari rentang usia 17 hingga 24 tahun mencapai 35 persen.

KPU Badung kali ini memanfaatkan momen valentine dengan cara unik. Apa saja yang mereka lakukan? Simak ulasannya berikut ini:

1. Manfaatkan momen valentine untuk mengajak pemula dengan gaya bahasa kekinian

Sasar Pemilih Pemula, KPU Badung: Buktikan Cintamu, Datang ke TPAIDN Times/Imam Rosidin

Demi meningkatkan partisipasi pemilih pemula ini, pihaknya mengadakan sosialisasi yang menyasar anak-anak muda. Caranya, dengan membagikan bunga di sekitaran Ground Zero, Legian dan Pantai Kuta, Kamis (14/2) pagi. Pembagian bunga tersebut bertepatan dengan hari valentine.

"Kami memanfaatkan momentum hari valentine utnuk menyasar anak-anak muda. Kita memanfaatkan itu untuk sosialisasi Pemilu 2019 mendatang. Kita membagi bunga dengan mengemas dengan bahasa-bahasa kekinian. Jadi kita sampaikan saatnya memilih," kata Ketua KPU Badung, I Wayan Semara Cipta, di Kuta.

2. KPU Badung menargetkan partisipasi pemilih di Badung mencapat 80 persen

Sasar Pemilih Pemula, KPU Badung: Buktikan Cintamu, Datang ke TPAIDN Times/Imam Rosidin

Ia menuturkan, kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Badung. KPU Badung menargetkan partisipasinya pada Pemilu 2019 mencapai 80 persen di Badung. Sebelumnya saat pemilihan Gubernur Bali, tingkat partisipasi di Badung mencapai 77 persen.

"Pemutakhiran data akan terus kita lakukan. Kita juga terbantu dengan dinas catatan sipil yang mendata ke sekolah-sekolah," katanya.

3. Sosialisasinya melibatkan putra-putri desa asal Kuta

Sasar Pemilih Pemula, KPU Badung: Buktikan Cintamu, Datang ke TPAIDN Times/Imam Rosidin

Sosialisasi ini melibatkan puluhan putra-putri asal Kuta. Mereka dilibatkan untuk membagikan bunga kepada para pengendara sepeda motor yang melintas, muda-mudi yang sedang berjalan kaki, dan rumah warga.

"Kami usung tema buktikan cintamu dengan datang ke TPA pada Rabu, 17 April 2019. Dengan bahasa demikian, kita berharap generasi muda ikut berpartisipasi. Kita ajak putra putri desa untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu mendatang," jelasnya.

Baca Juga: Inilah Aturan Memasang Bendera Parpol di Rumah Tetangga

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya