SAR Bali Terjunkan 100 Personel di Tiap Pelabuhan Selama Lebaran

Hati-hati ya pulang mudik

Denpasar, IDN Times - Pada arus mudik 2019, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bali menyiagakan 100 personel. Mereka akan bertugas dari tanggal 28 Mei hingga 13 Juni 2019.

1. Siaga di tiap titik rawan hingga objek wisata

SAR Bali Terjunkan 100 Personel di Tiap Pelabuhan Selama LebaranIDN Times/Imam Rosidin

Hari Adi Purnomo, Kepala Kantor SAR (Search and Rescue) Bali, mengatakan mereka akan disiagakan di sejumlah titik posko yang dianggap penting. Posko Siaga Terpadu akan difokuskan di Pelabuhan Padangbai, Pelabuhan Gilimanuk, Pelabuhan Celukan Bawang, Pelabuhan Benoa, serta Pelabuhan Toya Pakeh Nusa Penida.

"Kami juga pemantauan lapangan bergerak (Mobiling) pada jalur-jalur yang dianggap rawan terjadi kecelakaan dan beberapa objek wisata," kata dia, Senin (27/5).

2. Siagakan kapal SAR di titik pelabuhan

SAR Bali Terjunkan 100 Personel di Tiap Pelabuhan Selama LebaranIlustrasi SAR Bali. (Instagram.com/basarnas_bali)

Strategi penempatan titik-titik posko tersebut diharapkan dapat meng-cover seluruh Bali. Sementara Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar yang berlokasi di Jimbaran akan dijadikan posko induk pengendalian. Untuk mendukung hal ini, pada H-5 lebaran, KN SAR Arjuna 229 akan berlayar memantau perairan sekitar Benoa-Padangbai-Laut Bali-Banyuwangi.

"Dan sandar sampai dengan H+2 di Pelabuhan Aspal," katanya.

3. Ratusan personel diterjunkan di sejumlah titik vital

SAR Bali Terjunkan 100 Personel di Tiap Pelabuhan Selama LebaranIDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Pihaknya juga mengerahkan 100 personel yang siap yang disebar di titik-titik pos seperti pelabuhan, bandara, jalur rawan dan objek wisata.

Sementara alat utama yang dikerahkan yakni rescue truck 1 unit, rapid deployment land SAR unit 3 unit, rescue car 3 unit, communication mobile 1 unit, truk angkut personel 4 unit, Kapal SAR KN SAR Arjuna 229, jetski 3 unit, Rigid Inflatable Boat 5 unit dan rubber boat di setiap Pos SAR.

4. Para petugas diminta jaga kesehatan

SAR Bali Terjunkan 100 Personel di Tiap Pelabuhan Selama LebaranIDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Hadi mengingatkan kepada para petugas agar kesiapannya ada peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya. Kesiapan baik dari sisi personel, peralatan, keterampilan dan kesigapannya. Tak lupa juga menjaga kesehatan dan menjaga keselamatan diri.

"Ikuti prosedur yang ada, tunjukkan bahwa kita bekerja secara profesional, disiplin tinggi dan tak melupakan keselamatan diri sebagai hal yang penting pula," ungkapnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya