Comscore Tracker

Quick Count Jokowi Raih 91 Persen di Bali, Koster Senang

#Pemilu2019 Kemenangan Jokowi di Bali paling besar

Denpasar, IDN Times - Provinsi Bali menjadi daerah yang telak memenangkan pasangan calon (Paslon) nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'aruf Amin. Dalam berbagai lembaga survei, Jokowi meraih hampir 90 persen lebih suara di Bali. Apa tanggapan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPD PDIP) Bal, I Wayan Koster?

1. Dilarang pesta perayaan untuk menghormati tim paslon lain

Quick Count Jokowi Raih 91 Persen di Bali, Koster SenangIDN Times/Prayugo Utomo

I Wayan Koster sekaligus Gubernur Bali ini mengaku senang atas perolehan suara tinggi tersebut. Ia lantas mengimbau kepada seluruh pendukungnya untuk tidak melakukan pesta-pesta perayaan. Ia berharap masyarakat lebih baik bersyukur dan menghormati tim paslon lain.

"Di Bali angkanya mencapai di kisaran 90 persen, hendaknya hasil itu agar disikapi dengan rasa syukur dan bahagia. Tidak perlu ada pesta kemenangan dengan tetap menjaga situasi dan kondisi Bali agar tetap kondusif, memelihara persatuan dan kesatuan dan menghormati semua pihak termasuk tim pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno di Bali dengan tidak memancing atau terpenting dari pihak manapun," kata dia di Denpasar, Kamis (18/4) sore.

2. Yakin Bali semakin didukung oleh pemerintah pusat

Quick Count Jokowi Raih 91 Persen di Bali, Koster SenangIDN Times/Imam Rosidin

Ia juga mengapresiasi masyarakat Bali yang memberikan dukungan yang begitu besar untuk Jokowi. Sebab menurutnya pembangunan Bali ke depannya akan terus didukung oleh pemerintah pusat. Misalnua pembangunan infrastruktur, peningkatan pelayanan pariwisata, dan juga mengembangkan pusat kebudayaan Bali.

"Tentu Bali akan mendapat dukungan penuh dari Bapak Presiden seperti masalah infrastruktur darat, laut dan udara secara terintegrasi dan tol koneksi di Bali. Untuk pelayanan publik di Bali serta untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepariwisataan di Bali, di samping juga adalah yang dibutuhkan sebagai peletak untuk pembangunan pusat kebudayaan Bali dan yang berikut adalah dukungan untuk norma adat istiadat serta seni budaya dan kearifan lokal masyarakat Bali," ucapnya.

3. "Saya kira itu satu prestasi luar biasa untuk meningkatkan indeks demokrasi kita di Bali"

Quick Count Jokowi Raih 91 Persen di Bali, Koster SenangANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Tak hanya itu, Koster juga bersyukur atas tingginya antusiasme warga Bali dalam menyalurkan hak pilihnya. Menurutnya, Pemilu kali ini tingkat partisipasinya sudah melebihi 80 persen. Hal ini tentu meningkat dari partisipasi pada Pemilihan Gubernur lalu yang hanya mencapai 72 persen.

"Partisipasi pemilih dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) tampaknya akan tercapai dengan target 80 persen. Ini meningkat dari kehadiran pemilih pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali 2018 yang lalu yang mencapai 72 persen. Kalau sekarang 80 persen, saya kira itu satu prestasi luar biasa untuk meningkatkan indeks demokrasi kita di Bali," kata dia.

Topic:

  • Imam Rosidin
  • Irma Yudistirani

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You