Pura Besakih Bakal Dibangun Drop Off Khusus Difabel dan Lanjut Usia

Area parkir jugaakan dibuat khusus di mother of temple Bali

Karangasem, IDN Times - Kawasan Pura Besakih selalu mengalami kemacetan akibat padatnya arus kendaraan dan pemedek setiap kali ada piodalan. Untuk itu, areal parkir di mother of temple pura di Bali ini rencananya akan ditata dan dibangun untuk mengurai kemacetan arus lalu lintas tersebut.

1. Koster dukung pembangunan area parkir di Pura Besakih

Pura Besakih Bakal Dibangun Drop Off Khusus Difabel dan Lanjut UsiaIDN Times/ Imam Rosidin

Gubernur Bali, I Wayan Koster, menyambut positif rencana penataan tersebut. Menurutnya, ini bagian dari konsep penataan menyeluruh terhadap pura yang berdiri di bagian lereng Gunung Agung, Kabupaten Karangasem itu. 

"Perlindungan kawasan suci Pura Besakih tidak hanya digarap dari sisi pelemahan (Manusia dengan alam), tetapi juga mencakup sisi parahyangan (Manusia dengan Tuhan) dan pawongan (Hubungan manusia dengan manusia)," kata Koster saat rapat pembahasan penataan Pura Besakih di Denpasar, Minggu (26/5).

2. Perlu penataan alur kendaraan supaya tidak saling berpapasan

Pura Besakih Bakal Dibangun Drop Off Khusus Difabel dan Lanjut UsiaIDN Times/Diantari Putri

Dalam pembahasan sebelumnya, akan dibangun gedung parkir lengkap dengan sejumlah fasilitas yang bisa menampung lebih dari tiga ribu kendaraan roda empat, dan menampung sekitar 1500 roda dua.

Hal ini, diharapkan mampu memecahkan masalah kemacetan dan kesemrawutan arus lalu lintas di kawasan tersebut. Selain itu, diatur pula soal penataan alur kendaraan biar tidak ada lagi kendaraan yang saling berpapasan.

3. Rencana penataan kawasan Pura Besakih harus tetap bernuansa lokal Bali

Pura Besakih Bakal Dibangun Drop Off Khusus Difabel dan Lanjut UsiaIDN Times/Diantari Putri

Direktur Utama (Dirut) PT Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra, berharap tim ahli yang ditunjuk nanti dapat membuat rencana penataan kawasan Pura Besakih yang memiliki nuansa lokal Bali. Meski belum ada komitmen tertulis, tim PT Waskita Karya dan tim ahli Gubernur turun ke lokasi untuk mematangkan konsep.

"Akan segera turun ke lapangan untuk bersama-sama mematangkan konsep tersebut," urainya.

4. Bakal ada drop off khusus difabel dan lanjut usia

Pura Besakih Bakal Dibangun Drop Off Khusus Difabel dan Lanjut UsiaIDN Times/Diantari Putri

Sebelumnya, Waskita Karya sudah memaparkan persiapan konsep desain penataan parkir di kawasan Pura Besakih. Dalam pemaparan tersebut, selama peak season, hampir tiga ribu mobil datang ke Pura Besakih hingga kantong parkir tidak bisa menampungnya. Sehingga menyebabkan kemacetan sampai 7 kilometer.

Dari pemaparan itu, penumpukan tersebut membuat kawasan Besakih kumuh karena pemedek juga membuang sampah sembarangan. Pada lokasi pembangunan tersebut rencananya bisa menampung tiga ribu lebih mobil, termasuk 172 bus besar.

Bukan cuma gedung parkir, pembuat desain sudah menyiapkan alur kendaraan yang bisa memberikan kelancaran lalu lintas karena akses masuk dan keluar yang berbeda. Termasuk ada tempat drop off (Menaikkan dan menurunkan penumpang) untuk difabel dan lanjut usia. Belum dijelaskan berapa anggaran yang dibutuhkan untuk pembangunan tersebut. 

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya