Muktamar PKB di Bali Dihadiri 6 Ribu Peserta, Prabowo Belum Konfirmasi

Kalau Jokowi dipastikan hadir

Badung, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar Muktamar ke-IV di Bali pada 20-22 Agustus 2019 ini. Diperkirakan sekitar enam ribu peserta akan menghadiri Muktamar tersebut. Agendanya adalah memilih Ketua Umum PKB periode 2019-2024. Sejumlah atribut PKB menghiasi sepanjang Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai sampai ke Nusa Dua.

1. Penggembira hingga keluarga besar PKB akan datang ke Bali

Muktamar PKB di Bali Dihadiri 6 Ribu Peserta, Prabowo Belum KonfirmasiIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lukmanul Hakim, Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB dan Ketua Panitia Muktamar PKB, mengatakan ada sekitar tiga ribu peserta yang hadir dari penjuru Indonesia. Kemudian tiga ribu penggembira juga diperkirakan mendatangi Bali sebagai bagian dari keluarga besar PKB. Artinya, jika ditotal akan mencapai enam ribu peserta.

"Untuk pembukaan sekitar tiga ribu orang dari seluruh penjuru Indonesia. Tentunya ada penggembira di luar peserta yang resmi. Selalu banyak sekali dari keluarga PKB dari penjuru negeri yang hadir. Kami dapat konfirmasi juga ada tiga ribu yang hadir. Artinya ada enam ribu orang yang akan berkumpul bersama-sama di PKB," kata dia di Badung, Minggu (18/8).

Baca Juga: Surya Paloh Akan Menghadiri Muktamar PKB di Bali

2. Prabowo belum konfirmasi hadir

Muktamar PKB di Bali Dihadiri 6 Ribu Peserta, Prabowo Belum KonfirmasiIDN Times/Irfan Fathurohman

Ia menjelaskan, seluruh Ketua Umum (Ketum) Partai Politik (Parpol) akan diundang, termasuk Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Gerindra. Kendati demikian hingga kini belum ada konfirmasi apakah Prabowo akan hadir.

"Pak Prabowo kami undang dan besok akan dapat kepastian," kata Lukmanul.

3. Jokowi dipastikan hadir untuk membuka Muktamar PKB

Muktamar PKB di Bali Dihadiri 6 Ribu Peserta, Prabowo Belum KonfirmasiANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Namun yang sudah memastikan hadir adalah Presiden Joko Widodo. Ia akan membuka muktamar pada Selasa (19/8) sekitar pukul 19.00 Wita.

"Seluruh Ketum Parpol diundang, seluruh menteri diundang, Bapak Presiden juga konfirmasi hadir. Kemudian ketum PBNU kami undang, PP Muhammadiyah juga. Presiden yang konfirmasi hadir," ujar dia.

Baca Juga: PKB Muktamar di Bali, Cak Imin Minta Dukungan Gubernur Koster

4. PKB menyiapkan 18 hotel di kawasan Nusa Dua

Muktamar PKB di Bali Dihadiri 6 Ribu Peserta, Prabowo Belum KonfirmasiPexels.com/Francesco Ungaro

Dalam Muktamar tersebut, pihaknya menyiapkan sekitar 18 hotel di kawasan Nusa Dua. Namun ia enggan menyebut berapa biaya yang dihabiskan.

"Kas partai, belum kami rekap secara keseluruhan. Ada 18 hotel di kawasan Nusa Dua (Disiapkan)," ucapnya.

Sementara itu Koordinator Munas Alim Ulama, Saifullah Maksum, akan menggelar diskusi dan forum Munas Alim Ulama se-Indonesia tanggal 20 Agustus 2019 nanti. Forum ini menghadirkan 1000 kiai dari berbagai pelosok Indonesia. Para ulama terkemuka juga hadir di sini, seperti Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul 'Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj, dosen tetap Fakultas Hukum Monash University di Australia Nadirsyah Hosen atau yang akrab disapa Gus Nadir, hingga ulama muda pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Yogyakarta Miftah Maulana Habiburrahman atau akrab disapa Gus Miftah.

"Munas Alim Ulama se-Indonesia adalah membahas masalah-masalah kebangsaan, baik politik demokrasi, budaya serta keagamaan," kata Saifullah dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (17/8).

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya