Asyik, 18 Ekor Penyu Hasil Sitaan Dilepaskan ke Pantai Kuta

Jadi jangan kaget kalau nanti kamu ketemu penyu di Kuta ya

Badung, IDN Times - Sebanyak 18 ekor penyu dan 50 tukik dilepasliarkan di Pantai Kuta, Badung, Rabu (27/3) pagi. Satwa-satwa yang dilindungi tersebut merupakan hasil sitaan dari Januari hingga Maret 2019.

"Jadi kaitan dengan kegiatan ini kami telah melakukan rilis pelepasan satwa penyu sebanyak 18 ekor termasuk tukik 50 ekor," kata Kepala Balai Konservasu Sumber Daya Alam (KSDA) Bali, Budhy Kurniawan saat ditemui di Pantai Kuta.

1. Penyu hasil sitaan yang berhasil dilakukan oleh TNI AL dan Polres Gianyar

Asyik, 18 Ekor Penyu Hasil Sitaan Dilepaskan ke Pantai KutaIDN Times/Imam Rosidin

Budhy menjelaskan, satwa penyu tersebut berasal dari hasil sitaan dan pengamanan oleh personel Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) serta Kepolisian Resor (Polres) Gianyar. Sedangkan yang berkaitan untuk melakukan penyelamatan satwa adalah bagian dari tanggung jawabnya.

"Sehingga itu kita lakukan kemarin pengamanan satwanya untuk kita rehabilitasi dan dibantu mitra kami Turtle Conservation And Education Center (TCEC) Serangan. Hari ini dipastikan itu sehat dan kemudian kita lepaskan," jelasnya.

2. Dua penyu masih direhabilitasi

Asyik, 18 Ekor Penyu Hasil Sitaan Dilepaskan ke Pantai KutaIDN Times/Imam Rosidin

Penyu yang dilepas hari ini sebanyak 18 ekor. Sementara dua ekor masih direhabilitasi karena masih ada luka dan perawatan. Ia menjelaskan, penyu-penyu ini dalam keadaan terikat kakinya dan mengalami dehidrasi saat ditemukan.

"Perkiraan usia jika dilihat dari ukurannya sekitar 30 tahun. Kebanyakan penyu jenis hijau," ungkapnya.

"Tapi prinsipnya kita semaksimal mungkin melakukan pelastarian dengan melakukan pemeliharaan pelepasan ke alam agar bekembang populasinya," imbuhnya.

3. Total petugas berhasil menyita 27 ekor penyu hijau yang memiliki ukuran panjang kerapas hingga 100 cm

Asyik, 18 Ekor Penyu Hasil Sitaan Dilepaskan ke Pantai KutaIDN Times/Imam Rosidin

Untuk diketahui, total penyu hasil sitaan selama Januari hingga bulan Maret 2019 sebanyak 27 ekor. Semuanya dari jenis penyu hijau dengan ukuran panjang kerapas yang bervariasi. Mulai yang panjangnya 30 cm hingga 100 cm.

Empat ekor di antaranya telah dilepasliarkan di pantai Penimbangan Buleleng dan tiga ekor masih dirawat oleh tim medis Universitas Pendidikan Ganesha di kelompok pelestari penyu Penimbangan. Sementara dua ekor lagi masih dirawat dan disisihkan sebagai barang bukti di Turtle Conservation And Education Center (TCEC) Serangan.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya