Pastikan Libur Lebaran di Bali Aman, Polisi Berpakaian Preman Disebar

Selamat mudik ya. Hati-hati di jalan

Denpasar, IDN Times - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Denpasar menjamin keamanan saat libur Lebaran dengan menyiagakan 1.764 anggotanya untuk pengamanan. Dari jumlah tersebut, 600 di antaranya berpakaian preman akan disebar untuk melakukan patroli.

1. Kenapa polisi harus berpakaian preman?

Pastikan Libur Lebaran di Bali Aman, Polisi Berpakaian Preman DisebarIDN Times/Mohamad Ulil Albab

Kapolresta Denpasar, Kombes Ruddi Setiawan, mengatakan patroli di tempat-tempat keramaian gunanya untuk mengantisipasi kejahatan seperti copet dan jambret. Kemudian saat libur lebaran, objek-ojek yang jadi perhatian adalah mal-mal dan tempat keramaian serta objek wisata.

"Semua objek wisata di mal-mal dan di jalan kita lakukan pengamanan, juga tempat ibadah juga. Personel dalam pengamanan lebaran ini sebanyak 1.764 orang. Kemudian 600 orang yang melakukan patroli," kata dia, Jumat (31/5).

"Kami juga perintahkan anggota berpatroli bersepeda di wilayah keramaian, seperti di Kuta, di Pantai Pandawa. Khususnya biasa kalau ramai ada jambret, copet, jadi anggota menggunakan pakaian preman dan pakaian dinas," terangnya.

Baca Juga: Harga Naik 6 Kali Lipat, Kemenhub Minta Maskapai Tegur Mitra Penjual

2. Warga diimbau kunci rumah atau kosan dan serahkan pada tetangga atau keamanan setempat

Pastikan Libur Lebaran di Bali Aman, Polisi Berpakaian Preman DisebarIDN Times/Imam Rosidin

Ruddi sudah memerintahkan jajarannya supaya mengimbau kepada para warga yang mudik. Bentuknya yaitu imbauan agar rumah atau kosan yang ditinggal pulang digembok atau dikunci. Kemudian, menyerahkan atau memasrahkan kepada tetangga atau pihak keamanan setempat.

"Kami sudah sampaikan ke jajaran supaya mengimbau ke masyarakat yang mudik agar rumahnya dikunci pintunya digembok dan dititipkan ke tetangga sekitar atau aparat keamanan setempat, pecalang maupun satpam," ujar dia.

3. Bangun tiga posko terpadu di Terminal Ubung, Kuta dan Bandara Ngurah Rai

Pastikan Libur Lebaran di Bali Aman, Polisi Berpakaian Preman DisebarIlustrasi (IDN Times/Imam Rosidin)

Pada lebaran kali ini, dibangun juga pos-pos pengamanan pelayanan terpadu lintas instansi mulai dari Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, TNI dan lainnya. Pos tersebut berada di Terminal Ubung, Kuta, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

"Kami juga ucapkan terima kasih pada masyarakat Denpasar yang ikut melakukan pengamanan. Situasi di Denpasar saat ini kondusif," ucapnya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya