Comscore Tracker

Pasca Teror di Selandia Baru, Polda Bali Tingkatkan Keamanan

Masyarakat Bali diimbau hindari gesekan SARA

Denpasar, IDN Times - Pasca aksi teror yang terjadi di masjid kota Christchurch, Selandia Baru, Jumat (15/3) lalu, Kepolisian Daerah (Polda) Bali melakukan peningkatan keamanan. Meski begitu, masyarakat diminta tenang namun tetap waspada.

1. Masyarakat Bali diminta menghindari gesekan yang menimbulkan SARA

Pasca Teror di Selandia Baru, Polda Bali Tingkatkan Keamananabc.net.au

Kapolda Bali, Irjen Pol Petrus Reinhard Golose, meminta anggotanya untuk lebih waspada saat bertugas. Meski kepolisian meningkatkan pengamanan, namun Petrus meminta masyarakat Bali tetap tenang namun waspada. Dihimbau juga supaya menghindari gesekan-gesekan yang melibatkan SARA.

"Imbauan dari Kapolda Bali atas kejadian penembakan di New Zealand adalah masyarakat Bali tetap tenang namun waspada, hindari gesekan-gesekan yang melibatkan SARA.
Petugas keamanan juga meningkatkan kewaspadaan," kata Kabid Humas Polda Bali, Kombespol Hengky Wijaya saat dihubungi, Minggu (17/3) pagi.

2. Pintu masuk keluar Pulau Bali hingga konsulat dijaga ketat

Pasca Teror di Selandia Baru, Polda Bali Tingkatkan KeamananUnsplash.com/ King's Church International

Ia menjelaskan, petugas kepolisian meningkatkan kewaspadaan di tempat-tempat keramaian umum seperti pintu masuk keluar Pulau Bali, tempat-tempat ibadah, dan konsulat. Hal ini tujuannya untuk menimbulkan ketenangan bagi masyarakatnya.

"Semoga Bali tetap aman dan kondusif," harapnya.

3. Pihak polisi telah meningkatkan intensitas operasionalnya ke sasaran yang jadi atensi

Pasca Teror di Selandia Baru, Polda Bali Tingkatkan KeamananIDN Times/Bayu D. Wicaksono

Tak hanya itu, pihaknya juga mengaku telah meningkatkan intensitas operasionalnya ke sasaran yang jadi atensi, serta meningkatkan kewaspadaan dan komunikasi antar satuan.

"Persiapan sudah tergelar semua, dengan peningkatan intensitas operasionalnya ke sasaran yang jadi atensi. Juga peningkatan kewaspadaan serta meningkatkan komunikasi dengan satuan samping," imbuhnya.

4. Total 49 tewas dalam aksi teror tersebut

Pasca Teror di Selandia Baru, Polda Bali Tingkatkan Keamananstuff.co.nz

Sebagaimana diketahui, Jumat siang (15/3) waktu Selandia Baru terjadi penembakan di dua lokasi berbeda. Penembakan ini terjadi di dua masjid Kota Christchurch, Selandia Baru. Banyak korban yang terkena dampak dari aksi ini, baik Warga Negara Indonesia (WNI) maupun warga setempat.

Jumlah korban tewas di dua lokasi tersebut berjumlah 49 orang. Aksi penembakan terjadi di Masjid Al Noor, Deans Ave dekat Hagley Oval, pusat kota Christchurch, serta masjid lain di Linwood Ave, pinggiran kota Christchurch, Jumat (15/3) pukul 13.40 waktu setempat.

Komisioner kepolisian Selandia Baru, Mike Bush, mengatakan 41 orang tewas dalam serangan penembakan di masjid Deans Avenue. Sisanya berada di masjid Linwood.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You